Profil Hormon Progesteron Sebelum Dan Sesudah Penyuntikan PGF2 Alfa Analog Pada Kuda Yang Menderita Korpus Luteum Persisten

Muriani Mustari (1994) Profil Hormon Progesteron Sebelum Dan Sesudah Penyuntikan PGF2 Alfa Analog Pada Kuda Yang Menderita Korpus Luteum Persisten. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
MURIANI MUSTARI (FKH) 1994_compressed.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyuntikan PGF2a analog secara intra muskuler dalam meregresi korpus luteum persisten agar timbul birahi dan mengukur kadar hermon progesteron sebelum dan sesudah 24 jam, 48 jam, 72 jam penyuntikan PG. Hewan percobaan yang digunakan adalah enam ekor kuda hasil persilangan Pony Thoroughbred, berumur lima sampai sembilan tahun. Hanya kuda-kuda yang m~ngalami anoestrus lebih dari tiga bulan dan memiliki korpus luteum dalam ovariumnya yang dipakai dalam penelitian 1n1. Sebelum dilakukan pengobatan, dilakukan pemeriksaan kadar progesteron dan pemeriksaan rektal. Sesudah pengobatan, dilakukan pemeriksaan kadar progesteron dalam serum darah dengan teknik Radioimmunoassay fase padat dengan menggunakan 125 I sebagai atom bertanda. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang sangat nyata (p < 0,01) kadar progesteron dalam serum darah sebelum dan sesudah penyuntikan PGF2a analog.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hormon progesteron
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Muriani MustariUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaba MahaputraUNSPECIFIED
Thesis advisorI Komang Wiarsa SNIDN9900985925
Depositing User: Novita
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:09
Last Modified: 10 Apr 2023 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122835
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item