Pengaruh Pemberian Ekstrak Tanaman Lidah Ular (Oldenlandia Corymbosa Linn.) Terhadap Aktivitas Pembentukan Antibodi Dengan Antigen Newcastle Disease Pada Ayam Pedaging

LULUK DWI ERNAWATI (1993) Pengaruh Pemberian Ekstrak Tanaman Lidah Ular (Oldenlandia Corymbosa Linn.) Terhadap Aktivitas Pembentukan Antibodi Dengan Antigen Newcastle Disease Pada Ayam Pedaging. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULL TEXT)
LULUK DWI ERNAWATI.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak tanaman lidah ular (Oldenlandia corymbosa Linn.) terhadap aktivitas pembentukan antibodi dengan antigen Newcastle Di sease sebagai tolok ukur pada ayam pedaging sedangkan titer antibodi yang terbentuk di uji dengan Uji Hambatan Hemaglutinasi ( HI test) Kikrotehnik. Sejumlah 80 ekor anak ayam tipe Hubbard berumur 3 minggu dengan bobot badan rataan 500 g. Selama percobaan anak ayam tersebut diberi pakan komersial 511• (starter) dan 521 (finisher) . Rancangan percobaan yang digunakan adalah raneangan aeak lengkap (Complete Randomized Design). Sebelum penelitian dilakukan, pada umur 18 hari diambil 20 sampel darah seeara aeak, diambil serumnya untuk diadakan pengukuran titer antibodi maternal yang tersisa. Pemberian ekstrak tanaman lidah ular dilakukan pada hari ke 19 dengan volume 2,5 ml serta dosis (KI) 10 mg/500g BB, (KII) 20 mg/500g BB dan (KIll) 40mg/500g BB sedangkan KIV tanpa pemberian ekstrak tanaman lidah ular dan digunakan sebagai kontrol . Vaksinas i dilakukan pada umur 21 hari , dosis vaksin yang diberikan sebanyak 0,5 ml pada semua kelompok perlakuan dengan vaksin strain F seeara intranuskular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak tananan lidah ular per oral merangsang pembentukan antibody dengan antigen Newcastle Disease sebagai tolok ukur, hasil uji statistik dengan Sidik Ragam ( Varian F) pada minggu pertama tidak ada perbedaan yang nyata diantara perlakuan ( F hi tung < F Tabel 0 , 05 ), tetapi pada minggu ke 2, ke 3 dan ke 4 setelah perlakuan terdapat perbedaan yang nyata (F hit> F Tabel 0,05). Antibodi yang terbentuk meneapai puneak pada minggu ke III setelah perlakuan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah tanaman lidah ular dapat dipakai sebagai imunostimulan terhadap pembentukan antibodi dengan antigen ND sebagai tolok ukur dengan dosis optinum 20mg/500g BB pada ayam pedaging.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Creators:
CreatorsNIM
LULUK DWI ERNAWATI068711316
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEmile BambangUNSPECIFIED
Thesis advisorRahayu Ernawati0003105002
Depositing User: mat sjafi'i
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:17
Last Modified: 10 Apr 2023 04:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item