Pengaruh Komplementasi Ampas Tahu Dengan Bekatul Beras, Bekatul Jagung, Terhadap Mutu Tempe Gembus Oleh Dua Jenis Rhizopus

Siti Nurul Fatimah, - (1998) Pengaruh Komplementasi Ampas Tahu Dengan Bekatul Beras, Bekatul Jagung, Terhadap Mutu Tempe Gembus Oleh Dua Jenis Rhizopus. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf

Download (18MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tempe gembus merupakan salah satu jenis tempe yang ada di Indonesia. Tempe gembus banyak penggemarnya terutama masyarakat ekonomi lemah. Bahan dasar tempe gembus adalah ampas tahu. Mutu gizi tempe gembus yang rendah, perlu ditingkatkan. Salah satu alternati~ meningkatkan mutu gizi tempe gembus ialah dengan cara mengkomplementasi ampas tahu dengan bahan lain, yaitu bekatul beras atau bekatul jagung. Penelitian ini meneliti pengaruh komplementasi ampas tahu dengan bekatul beras, bekatul jagung, terhadap mutu tempe gembus oleh dua jenis Rhizopus. Mutu tempe gembus diukur secara organoleptik, dan berdasarkan kandungan zat gizinya <kadar protein, lipid, karbohidrat, vitamin Bl, Fe, P, serat, NPU, kecernaan, asam amino dan asam lemak).Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Anava 3 jalur <data skala rasio) dilanjutkan uji t ganda. Data skala ordinal dianalisis dengan uji dengan beda jenjang Friedman dilanjutkan uji perbandingan berganda. Tara~ signirikansi a = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, substrat ampas tahu yang dikomplementasi dengan bekatul beras, bekatul jagung, atau campuran bekatul beras + bekatul jagung, mempunyai komposisi zat gizi yang lebih tinggi dibandingkan substrat ampas tahu tanpa dikomplementasi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KK KKC DIS.M 10/02 Fat p
Uncontrolled Keywords: Ampas Tahu,Bekatul Beras,Bekatul Jagung, Tempe Gembus, Rhizopus
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika dan IPA (S3)
Creators:
CreatorsNIM
Siti Nurul Fatimah, -NIM099311201D
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorPURNOMO SURYOHUDOYO, --
ContributorINDRAWATI GANDJAR, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:50
Last Modified: 10 Apr 2023 04:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item