Isolasi dan Identifikasi Zat Kandungan Daun Prasman (Eupatorium Triplinerve . Vahl) Yang Berkhasiat Sebagai Anti Plasmodium Falciparum In Vitro

Siri Masroerah Broto Sutaryo, - (1999) Isolasi dan Identifikasi Zat Kandungan Daun Prasman (Eupatorium Triplinerve . Vahl) Yang Berkhasiat Sebagai Anti Plasmodium Falciparum In Vitro. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (RINGKASAN)
2. RINGKASAN .pdf

Download (13MB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam dua dasawarsa terakhir, penyakit malaria kembali merupakan ancaman bagi bsehatan. Hal ini disebabkan karena resistensi vektor malaria, yaitu Anopheles sp. terhadap insektisida dan resistensi Plasmodium falciparwn dan P. vivax terhadap obat malaria yang telah digunakan. Salah satu upaya untuk rnemeranginya ialah mencari obat baru dengan struktur penuntun berlainan dengan struktur penuntun obat malaria yang ada Pencarian obat baru dapat dimulni dengan mencari senyawa aktif antimalaria dari tumbuhan yang secara tradisional digunakan sebagai obat malaria Eupatorium trlplinerve Vahl adalah salah satu tumbuhan yang di Indonesia telah digunakan sebagai obat malaria oleh masyarakat.Dalam penelitian ini dilakukan isolasi dan identifikasi senyawa kandungan E. triplinerve yang aktif sebagai antimalaria. Sebagai indikator antimalaria, adalah aktivitas penghambatan pertumbuhan P. falciparum in vitro dari senyawa tersebut. Sebagai organisme coba digunakan P. falciparum galur I. 2300 yang sensitif terhadap klorokuin.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KK KKC DIS M 20/02 Sut i
Uncontrolled Keywords: Daun Prasma,Eupatorium Triplinerve . Vahl, Anti Plasmodium Falciparum,In Vitro
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika dan IPA (S3)
Creators:
CreatorsNIM
Siri Masroerah Broto Sutaryo, -NIM099010873
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSutarjadi, --
ContributorSri Oemijati, --
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 10 Apr 2023 05:18
Last Modified: 10 Apr 2023 05:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item