Pengaruh Pemberian Tepung Biji Kapas (Gossypium Spp) Terhadap Pertambahan Berat Badan, Konsumsi Dan Konversi Pakan Ayam Pedaging Jantan

Gaguk Musdijanto, - (1989) Pengaruh Pemberian Tepung Biji Kapas (Gossypium Spp) Terhadap Pertambahan Berat Badan, Konsumsi Dan Konversi Pakan Ayam Pedaging Jantan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Gaguk Musdijanto20230304_12403271 no.pdf

Download (34MB)
Official URL: http:/www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang pengaruh pemberian tepung biji kapaa (Goaaypium epp.) terhadap pertambahan berat badan, konsumai dan konverai pakan ayam pedaging j antan dilakukan di Kecamatan Dlanggu Daerah Tingkat II Mojokerto selama 8 minggu. mulai tanggal 27 Deaember 1988 aampai 21 Pebruari 1989. Dalam ueaha peternakan khueuanya ternak unggaa, komponen produksi yang paling beaar adalah biaya untuk pengadaan ranaum yaitu sekitar 70 % dari keseluruhan biaya produkai. Sedangkan aampai saat ini harga makanan ternak terus meningkat, kar~a· bahan penyueunnya seperti tepung ikan, bungkil kedele dan jagung kuning harganya re - latip mahal. Bertolak dar! pemaaalahan tereebut maka perlu mencari bahan pengganti sebagai euplai protein yang harganya lebih murah, mudah didapat dan mempunyai kandungan zat gi- 11 tidak jauh berbeda. Dalam penelitian ini d~gunakan tepung biji kapaa sebagai baban pengganti bungkil kedele, ;I karena dieamping kandungan gizinya tinggi, bahan ini ba- ' nyak terdapat di Indonesia. Sebagai hewan percobaan dalam penelitian ini digunakan ayam jantan tipe pedaging jenis Arbor Acree CP. 707 eebanyak 48 · ekor. Perlakuan diberikan eetelah ayam berumur 2 minggu dengan perlakuan ransum tanpa tepung biji ka paa eebagc:U kelompok kontrol , ransum dengan 5 % ,tepune 30 biji kapaa aebagai kelompok perlakuan (P1), ransum dengan 10% tepung biji kapas . sebagai kelompok perlakuan (P2 ) dan ransum dengan 20 % tepung biji kapaa sebagai kelompok perlakuan (P3). Parameter yang diamat! dalnm penelitian lni adalah pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakan • . Data yang didapat dianalisis dengan analisis keragaman dengan Rancangan Acak Lengkap, sedangkan untuk mengetahui perbedaan tiap-tiap perlakuan dilakukan Ujl Beda Nyata Jujur (Steel dan Torrie, 1980). Hasil yang didapat adalah sebagai berikut : 1. Pemberian tepung biji kapaa 5% dalam ransum me- ' nyebabkan penurunan pertambahan berat badan 4,5 % konsumsi pakan 2,46 % dan konversi pakan 2,45 %. 2. Pemberian tepung biji kapaa 10 % dalam ransum menyebabkan penurunan pertambahan berat badan 50 . %, konsumsi pakan 23,85 % dan konversi pakan 56,86 %. 3. Pemberian tepung biji kapaa 20 % dalam ransum menyebabkan penurunan pertambahan berat badan 69 %, koneumsi pakan 36,99 % dan konverei pakan 96 %. Dari ketiga perlakuan diatas ternyata hanya pada kelompok perlakuan pertama yang masih bisa d.iterima yaitu pemberian tepung biji kapaa e·ebesar 5 % karena hae ilrlya tidak berbeda nyata terhadap kontrol (P> 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gossypium Spp, Ayam Pedaging, Jantan
Subjects: Q Science
Q Science > QL Zoology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Gaguk Musdijanto, --
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYvnne Magdalena, -NIDN-
Thesis advisorSarmanu, -NIDN-
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:28
Last Modified: 11 Apr 2023 02:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122925
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item