Septy Barkiyah Maulidah, - (2023) Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia 3-6 Tahun. BRPKM. (Unpublished)
This is the latest version of this item.
Text (Artikel Ilmiah)
Septy Barkiyah Maulidah.pdf Download (756kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan berbahasa pada anak usia 3-6 tahun. Usia 3-6 tahun dipilih karena pada usia tersebut merupakan masa emas (golden age) bagi perkembangan bicara dan bahasa anak. Selain itu usia tersebut juga merupakan usia pra sekolah bagi anak usia dini. Penelitian dilakukan pada siswa TK Masyitoh Mambaul Ulum kab.Probolinggo dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan dengan rentang usia 4-6 tahun. Subjek yang dipilih sebagai partisipan penelitian merupakan gabungan dari siswa 2 kelas TK A dan 1 kelas TK B. Pengisian kuesioner dilakukan oleh orang tua sebagai orang terdekat dari siswa sekaligus sebagai responden penelitian. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner durasi penggunaan gadget untuk mengukur lamanya penggunaan gadget setiap harinya dan alat ukur KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) untuk melihat dan mengukur perkembangan anak. Peneliti menggunakan bantuan software Microsoft exel untuk melakukan skoring dan software jamovi untuk melakukan uji linearitas menggunakan analisis koefisien korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya signifikansi hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan bahasa anak usia 3-6 tahun, dengan p value sebesar 0.687 dan pearson’s r sebesar 0.051. Serta berdasar skoring manual menggunakan Microsoft exel peneliti menemukan sebanyak 23% atau 15 siswa dari total 65 siswa yang kemungkinan mengalami keterlambatan perkembangan bahasa
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Durasi penggunaan gadget, keterlambatan perkembangan berbahasa, anak usia dini | ||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Septy Barkiyah S | ||||||
Date Deposited: | 11 Apr 2023 02:48 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2023 02:48 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122929 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Available Versions of this Item
-
Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia 3-6 Tahun. (deposited 11 Apr 2023 00:21)
- Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia 3-6 Tahun. (deposited 11 Apr 2023 02:48) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |