Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia 3-6 Tahun

Septy Barkiyah Maulidah, - (2023) Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Keterlambatan Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia 3-6 Tahun. BRPKM. (Unpublished)

This is the latest version of this item.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Septy Barkiyah Maulidah.pdf

Download (756kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan durasi penggunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan berbahasa pada anak usia 3-6 tahun. Usia 3-6 tahun dipilih karena pada usia tersebut merupakan masa emas (golden age) bagi perkembangan bicara dan bahasa anak. Selain itu usia tersebut juga merupakan usia pra sekolah bagi anak usia dini. Penelitian dilakukan pada siswa TK Masyitoh Mambaul Ulum kab.Probolinggo dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 33 siswa laki-laki dan 32 siswa perempuan dengan rentang usia 4-6 tahun. Subjek yang dipilih sebagai partisipan penelitian merupakan gabungan dari siswa 2 kelas TK A dan 1 kelas TK B. Pengisian kuesioner dilakukan oleh orang tua sebagai orang terdekat dari siswa sekaligus sebagai responden penelitian. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner durasi penggunaan gadget untuk mengukur lamanya penggunaan gadget setiap harinya dan alat ukur KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan) untuk melihat dan mengukur perkembangan anak. Peneliti menggunakan bantuan software Microsoft exel untuk melakukan skoring dan software jamovi untuk melakukan uji linearitas menggunakan analisis koefisien korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya signifikansi hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan keterlambatan perkembangan bahasa anak usia 3-6 tahun, dengan p value sebesar 0.687 dan pearson’s r sebesar 0.051. Serta berdasar skoring manual menggunakan Microsoft exel peneliti menemukan sebanyak 23% atau 15 siswa dari total 65 siswa yang kemungkinan mengalami keterlambatan perkembangan bahasa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Durasi penggunaan gadget, keterlambatan perkembangan berbahasa, anak usia dini
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Septy Barkiyah Maulidah, -NIM111911133012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana Nawangsari, -NIDN0027027203
Depositing User: Septy Barkiyah S
Date Deposited: 11 Apr 2023 02:48
Last Modified: 11 Apr 2023 02:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122929
Sosial Share:

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item