Pengaruh Tindakan Akupunktur terhadap Perubahan Kadar Trigliserida dalam Serum Kelinci (Oryctolagus Cuniculus) Betina

TOTO HENDARTO (1993) Pengaruh Tindakan Akupunktur terhadap Perubahan Kadar Trigliserida dalam Serum Kelinci (Oryctolagus Cuniculus) Betina. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
TOTO HENDARTO 1984_compressed.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk nengetahui perubahan metabolisme tubuh hewan coba yang mendapat perlakuan akupunktur pada titik Hou San Lie (no.43) dan San Yin Ciao (no. 49) dengan melihat kadar lemak darah berupa trigliserida dalam serum kelinci (Oryctolagus cuniculus), sehingga dapat memberikan gambaran mekanisme akupunktur. Sejumlah tiga puluh kelinci betina jenis lokal dibagi atas dua kelompok perlakuan. Kelompok pertama sebagai kontrol perlakuan dan kelompok kedua sebagai kelompok perlakuan akupunktur. Rancangan percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Parameter yang diambil adalah kadar trigliserida dalam serum kelinci betina dengan satuan mg/dl. Pengambilan darah melalui Vena auricularis. Analisis percobaan dengan menggunakan uji t, di mana untuk membedakan dua kelompok perlakuan dengan lima belas ulangan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan sangat nyata (p < 0,01) antara perlakuan pertama dengan perlakuan kedua terhadap perubahan kadar trigliserida.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akupunktur, Trigliserida, Oryctolagus Cuniculus, kelinci, betina
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
TOTO HENDARTO068811492
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR.T.S. Adikara, Dr. Drh., M.S.UNSPECIFIED
Thesis advisorIsmudiono0016055206
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:35
Last Modified: 11 Apr 2023 06:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122990
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item