Berbagai Cara Penyimpanan Telur Ayam Ras Konsumsi Dan Konsumsi Pengaruhnya Terhadap Kualitas Fisiknya

Dwirahaju Nindarini, - (1995) Berbagai Cara Penyimpanan Telur Ayam Ras Konsumsi Dan Konsumsi Pengaruhnya Terhadap Kualitas Fisiknya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
DWIRAHAYU WINDARINI BERBAGAI CARA.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh perlakuan penyimpanan teIur dapat mempertahankan kualitas fisik dan memperpanjang daya simpan taIur. Bahan yang diperlukan dalam penelitian ini adalah 256 butir telur, yang masing- masing diberi perlakuan sebagai berikut : Penyimpanan telur pada egg tray di udara terbuka pada suhu kamar dengan kelembaban 85- 95% (Tl) , penyimPanan telur pada aImari pendingin pada suhu 4- 10•C dan kelembaban 75% (T2). penyimpanan telur dalam wadah bumbu pada almari tertutup (T3) dan penyimpanan telur dalam peti beras (T4). Sebelumnya telur dibersihkan dari debu dengan lap dan diacak untuk mendapat perlakuan kemudian dilakukan pengamatan terhadap kualitas fisiknya yang me1iputi ni1ai Haugh Unit , Indeks putih dan kuning telur. pH putih telor. tinggi rongga udara dan uji penyerapan bau pada telur. Rancangan percobaan menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan pengamatan tiap tiga hari sekali. Selanjutnya data yang ada dianalisis dengan uji F (sidik ragam). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyimpanan telur pada almari pendingin mempunyai kualitas telur yang terbaik sampai penelitian ini berakhir (21 hari). Penyimpanan telur pada wadah bumbu di aimari tertutup dan almari pendingin dapat menyerap bau mulai penyimpanan 3 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Telur Ayam Ras
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Mikrobiologi Veteriner
Creators:
CreatorsNIM
Dwirahaju Nindarini, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 11 Apr 2023 06:32
Last Modified: 11 Apr 2023 06:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/122991
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item