Isolasi Identifikasi dan Perhitungan Escherichia Coli pada Caecum Ayam Buras

Tri Palupi Ratnaningtyas (1993) Isolasi Identifikasi dan Perhitungan Escherichia Coli pada Caecum Ayam Buras. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
TRI PALUPI RATNANINGTYAS 1993.pdf

Download (15MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat-sifat biokimia, morfologi dan jumlah Escherichia coli yang terdapat dalam caecum ayam Buras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MPN (Most Probability of Nomber). Sedangkan untuk membedakan jumlah kuman dari masing-mas~ng sampel setelah diketahui hasilnya digunakan uji distribusi t. Hasil penelitian yang diamati adalah terdapatnya Escherichia coti pada tractus digest.ifus caecum Ayarn Buras dengan persentase sebesar 96~6 % dapat terisolasi. Sedangkan morfologi dan sifat biokimianya menunjukkan kuman berbentuk batang~ bergerak~ mernfermentasikan laktosa membentuk indol, berwarna hijau mengkilap pada media EMB dan termasuk golongan gram negatif. Pada perhitungan dengan menggunakan tabel Me Cardy's menun j uk.kan adanya perbedaan tentang jumlah Escherichia coti dalam masing-masing sampel. Namun setelah di u ji dengan kurva distribusi t perbedaan ini tidak nyata. Sebab jumlah Escherichia coli. dalam caecum disini rata-rata masih tergolong normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Escherichia coli , biokimia, morfologi
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Tri Palupi Ratnaningtyas068811419
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih RatnasariUNSPECIFIED
Thesis advisorMidian NaibahoUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 11 Apr 2023 07:33
Last Modified: 11 Apr 2023 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item