Identifikasi Eimeria Sp. Penyebab Koksidiosis Pada Ayam Potong Ras Dan Buras Dari Beberapa Peternakan Di Daerah Sidoarjo Jawa Timur

I Ketut Dyana Putera, - (1993) Identifikasi Eimeria Sp. Penyebab Koksidiosis Pada Ayam Potong Ras Dan Buras Dari Beberapa Peternakan Di Daerah Sidoarjo Jawa Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
I KETUT DYANA PUTERA IDENTIFIKASI ELMERIA.pdf

Download (12MB)
Official URL: http:/www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk identifikasi Eimeria sp. penyebab koksidiosis pada ayam potong ras dan buras dari beberapa peternakan di daerah Sidoarjo dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dari masing masing jenis Eimeria pada ayam po tong ras dan buras. Sejumlah 45 sampel ayam potong ras dan 40 sampel ayam potong buras digunakan dalam penelitian ini. Identifikasi dilakukan berdasarkan morfologi ookista, waktu sporulasi, patologi anatomi dan lokasi lesi yang terjadi. Hasil Identifikasi ditemukan lima species Eimeria penyebab koksidiosis pada ayam potong ras dan buras yaitu E . tenella, E. necatrix, E. acel'vulina, E. mitis dan E. maxima, setelah diadakan analisa statistik dengan chi kuadrat E. necatrix menunjukkan perbedaan yang bermakna pada ayam potong ras dan buras (P <0.05), sedangkan spesies yang lainnya tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna (P > 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eimeria Sp., Koksidiosis, Ayam Potong Ras
Subjects: Q Science
Q Science > QL Zoology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
I Ketut Dyana Putera, -NIM068711355
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNunuk Dyah Retno L., -NIDN0018045303
Thesis advisorNanik Sianita W., -NIDN-
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:43
Last Modified: 12 Apr 2023 02:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item