Amirah Nailah Labibah, -
(2023)
KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (STUDI KASUS KELUARGA MISKIN).
Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental.
ISSN 2776-1851
(Unpublished)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dari keluarga miskin dalam pendidikan anak apabila diuraikan melalui enam bentuk keterlibatan orang tua Parenting, Communicating, Volunteering, Learning at home, Decision making and, Collaborating with the community sesuai dengan teori Epstein. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan partisipan menggunakan teknik sampel purposive dengan metode screening. Partisipan berjumlah 3 Ibu yang terdiri dari partisipan 1 perempuan dewasa berusia 38 tahun, partisipan 2 perempuan dewasa berusia 40 tahun dan partisipan 3 perempuan dewasa berusia 43 tahun. Proses pengambilan data menggunakan wawancara dan dianalisis menggunakan analisis tematik theory-driven. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan 2 dan 3 hampir semua bentuk keterlibatannya terlibat, sedangkan partisipan 3 tidak banyak terlibat dalam bentuk volunteering, communication dan collaborating with community.
Actions (login required)
|
View Item |