KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (STUDI KASUS KELUARGA MISKIN)

Amirah Nailah Labibah, - (2023) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK (STUDI KASUS KELUARGA MISKIN). Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental. ISSN 2776-1851 (Unpublished)

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Publikasi Amirah Nailah_111611133147.pdf

Download (747kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dari keluarga miskin dalam pendidikan anak apabila diuraikan melalui enam bentuk keterlibatan orang tua Parenting, Communicating, Volunteering, Learning at home, Decision making and, Collaborating with the community sesuai dengan teori Epstein. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Pemilihan partisipan menggunakan teknik sampel purposive dengan metode screening. Partisipan berjumlah 3 Ibu yang terdiri dari partisipan 1 perempuan dewasa berusia 38 tahun, partisipan 2 perempuan dewasa berusia 40 tahun dan partisipan 3 perempuan dewasa berusia 43 tahun. Proses pengambilan data menggunakan wawancara dan dianalisis menggunakan analisis tematik theory-driven. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipan 2 dan 3 hampir semua bentuk keterlibatannya terlibat, sedangkan partisipan 3 tidak banyak terlibat dalam bentuk volunteering, communication dan collaborating with community.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keterlibatan orangtua, orangtua keluarga miskin, pendidikan anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Amirah Nailah Labibah, -NIM111611133147
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Wiwin Hendriani, S.Psi., M.Si., -0002117802
Depositing User: Amirah Nailah
Date Deposited: 12 Apr 2023 23:43
Last Modified: 12 Apr 2023 23:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123109
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item