Hubungan Dukungan Sosial Guru dengan Penyesuaian Diri Siswa SMP di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Al-Amin Bojonegoro

Nida'uz Zakiyah, - (2023) Hubungan Dukungan Sosial Guru dengan Penyesuaian Diri Siswa SMP di Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School Al-Amin Bojonegoro. BRPKM. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Artikel Ilmiah_Nida'uz Zakiyah.pdf

Download (748kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dengan penyesuaian diri siswa SMP di pondok pesantren Muhammadiyah Boarding School Al-Amin Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Subjek penelitian merupakan siswa SMP yang tinggal di pondok pesantren MBS Al-Amin Bojonegoro yang berjumlah 157 orang. Alat ukur yang digunakan adalah The Child and Adolescent Social Support Scale yang dikembangkan oleh Demaray dkk. (2010) dan Student Adaptation to College Questionnaire yang dikembangkan oleh Baker dkk. (1985). Kedua alat ukur telah diadaptasi oleh peneliti dan disesuaikan dengan konteks penelitian. Analisis penelitian ini menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan (r = 0,621; p = 0,000) antara dukungan sosial guru dengan penyesuaian diri siswa SMP di pondok pesantren MBS Al-Amin Bojonegoro. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin tinggi dukungan sosial yang diberikan maka semakin tinggi pula tingkat penyesuaian dirinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial guru, penyesuaian diri, siswa SMP, pondok pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences
L Education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Pendidikan
Creators:
CreatorsNIM
Nida'uz Zakiyah, -NIM111811133115
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana Nawangsari, -0027027203
Depositing User: Nida'uz Zakiyah
Date Deposited: 17 Apr 2023 01:05
Last Modified: 17 Apr 2023 01:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item