Hubungan Trust Mahasiswa terhadap Guru dengan Motivasi Belajar Bahasa Jepang

Syarifah Pridita Hasanah, '- (2023) Hubungan Trust Mahasiswa terhadap Guru dengan Motivasi Belajar Bahasa Jepang. Buletin Riset Psikologi dan Kesehatan Mental. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Syarifah Pridita - Naskah BRPKM New.pdf

Download (758kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Bahasa Jepang adalah bahasa yang banyak dipelajari di Indonesia, hingga menduduki peringkat kedua di dunia dalam jumlah pembelajar. Dalam proses belajar-mengajar Bahasa Jepang, motivasi mahasiswa cenderung menurun akibat sulitnya materi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu cara apa yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dengan meneliti hubungan antara trust mahasiswa terhadap guru dengan motivasi belajar Bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling dalam pengambilan sampel yang melibatkan 100 mahasiswa yang sedang mempelajari Bahasa Jepang di instansi formal maupun informal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Students Trust for Teachers yang terdiri dari 31 aitem dan Skala Motivasi Belajar yang terdiri dari 30 aitem yang disebar secara online. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode analisis korelasi pearson dengan bantuan program IBM SPSS Statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara trust terhadap guru dengan motivasi belajar Bahasa Jepang pada mahasiswa, dengan nilai korelasi positif r = 0,660.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guru, interpersonal trust, mahasiswa, motivasi belajar bahasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Syarifah Pridita Hasanah, '-111611133169
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi Cahyono, '-198109102008121002
Depositing User: Syarifah Pridita Hasanah
Date Deposited: 14 Apr 2023 00:27
Last Modified: 14 Apr 2023 00:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123360
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item