Peran Konflik Peran Ganda terhadap Psychological Well-Being pada Ibu Dengan Anak Autism Spectrum Disorder

Rania Nur Rahmah, - (2023) Peran Konflik Peran Ganda terhadap Psychological Well-Being pada Ibu Dengan Anak Autism Spectrum Disorder. BRPKM. (Unpublished)

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Peran Konflik Peran Ganda terhadap Psychological Well-Being pada Ibu Dengan Anak Autism Spectrum Disorder_Rania Nur Rahmah.pdf

Download (792kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kompleksnya perilaku yang dimunculkan oleh anak ASD, tentunya membutuhkan kesabaran dan perhatian intens bagi pengasuh. Ibu yang diakui secara norma budaya sebagai pengasuh utama, rentan mengalami stres yang signifikan bahkan berpotensi mengalami depresi, kecemasan, dan permasalahan mental lainnya yang dapat menurunkan psychological well-beingnya. Terlebih lagi jika mereka memiliki tanggung jawab lain di luar sebagai orang tua, misalnya bekerja. Melihat kondisi tersebut, tidak jarang dari mereka yang harus mengemban beban ganda hingga berpotensi memunculkan konflik peran. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan jumlah sampel penelitian yaitu 66 subjek yang merupakan seorang ibu pekerja formal dan memiliki anak dengan gangguan autis. Instrumen yang digunakan adalah Multidimensional Measure of Work-Family Conflict milik Carlson dkk (2000) yang telah diterjemahkan oleh Septiani (2016) dan Scale of Psychological Well-Being (SPWB) milik Ryff (1989) yang diterjemahkan oleh Revelia (2019). Hasil dari uji analisis regresi linear menunjukkan bahwa tidak ada peran yang signifikan antara konflik peran ganda terhadap psychological well-being. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi uji regresi linear sederhana yaitu sebesar 0,414 (> 0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konflik Peran Ganda, Psychological Well-Being, Ibu, ASD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Rania Nur Rahmah, -111911133096
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIka Yuniar Cahyanti, -197706012005012016
Depositing User: Rania Rahmah
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:32
Last Modified: 17 Apr 2023 06:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123677
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item