Profil Interferon-γ dan Skar BCG sebagai Gambaran Respons Imun pada Pasien Kusta Anak (The Profile of Interferon-ɣ and BCG Scar as an Immune Response Reflection in Children with Leprosy)

Renata Mayangsari, Renata and Iskandar Zulkarnain, Iskandar and Trisniartami Setyaningrum, Trisniartami Profil Interferon-γ dan Skar BCG sebagai Gambaran Respons Imun pada Pasien Kusta Anak (The Profile of Interferon-ɣ and BCG Scar as an Immune Response Reflection in Children with Leprosy). Berkala Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin, 28 (3). pp. 202-209. ISSN pISSN 1978-4279 eISSN 2549-4082

[img] Text (Artikel)
18. artikel.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Kualitas Karil & Kesesuaian Bidang Ilmu)
18. karil.pdf

Download (307kB)
[img] Text (Turnitin)
18. turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Laik Etik)
18. etik.pdf

Download (307kB)
Official URL: https://ojs2.e-journal.unair.ac.id/BIKK/article/vi...

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Penyakit kusta pada anak masih banyak ditemukan di Madura, Indonesia. Vaksinasi Bacillus Calmette- Guerin (BCG) dilaporkan dapat meningkatkan respons imunologis pada pasien kusta yang ditandai dengan peningkatan kadar interferon-γ (IFN-γ). Tujuan: Mengevaluasi kadar IFN-γ dan skar BCG pada pasien kusta anak. Metode: Penelitian deskriptif observasional dengan subjek pasien kusta anak di Bangkalan, Madura, dikumpulkan secara consecutive sampling, selanjutnya skar BCG diobservasi dan dilakukan pengambilan darah vena untuk pemeriksaan kadar IFN-γ. Hasil: Kadar IFN-γ pada hampir seluruh subjek berada di bawah normal, dengan rerata kadar IFN-γ pada pasien dengan skar BCG (10,07 pg/ml) lebih tinggi dari pasien tanpa skar (6,9 pg/ml). Berdasarkan prosentasi skar BCG terhadap tipe kusta, 70% pasien tanpa skar BCG cenderung menjadi tipe MB. Simpulan: Status imunitas sebagai hasil vaksinasi BCG yang dipastikan dengan kadar IFN-γ mempunyai banyak faktor perancu. Vaksinasi BCG diduga berperan penting pada tingkat keparahan penyakit kusta. Pasien dengan skar BCG cenderung memiliki gejala klinis kusta tipe PB.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Renata Mayangsari, RenataUNSPECIFIED
Iskandar Zulkarnain, Iskandar110010412
Trisniartami Setyaningrum, TrisniartamiNIDN8846900016
Depositing User: arys fk
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:20
Last Modified: 25 Jun 2023 11:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123828
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item