Faktor-Faktor Yang Mempengaruui Peran Perawat Dalam Penatalaksanaan Pasien TB Di Irna Palem RSUD Dr.Soetomo surabaya Penelitian Deskriptif Analitik

Anastasia Tiara Ayu Hapsari, - (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruui Peran Perawat Dalam Penatalaksanaan Pasien TB Di Irna Palem RSUD Dr.Soetomo surabaya Penelitian Deskriptif Analitik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ANASTASIA TIARA AYU HAPSARI (1).pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ketidakpatuhan pasien selama mesa pengobatan berakibat pada terjadinya kasus MDR-TB dan meningkatkan angh kematian. Hal ini terjadi jika tatalaksana dalam pengobatan TB belum mampu rnclaksanakan sesuai yang diharapkan di pelayanan, karena perawat scringkali hanya mclakukan perintah dokter sesuai yang di tulis. Tujuan penelitian ini adaIah ingin mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi peran perawat dalam penalalabanaan TB di RSUD Dr. Soetomo Surabaya agar pelyanan kesehatan dapat diJalanakan dengan efektif dan efisien. Desain penelitian anaIilik dengan pcndekatan Crosscctionat, populasinya adalah perawat pada IRNA Palem I. Variabel yan~ diteliti yaitu raktor tingkat pengetahuan, prose, manajemcn. motl>'a5i kc:lja, teknik komunika$i dan krealivitas yang mcmpengaruhi pcnm pcrawal sebagai Care provider. Co/aboralor, Comunicalor dan seoogai Community Le/Jder. Anatisis data dilakukan dcngan Uji Chi Square (Fisher's ExOClltst) dan anaIisis tabel. Hasil penelitian adaIah faktor ting,kat pengetahuan, proses manajemen. dan, lueatifiw baik. faktor motivesi kelja dan tcknik komunikasi mayoriw kriteria tulrup. Hasil uji stalinik p=Q,091 (po< 0.1) pada analisis raktnr kreatifiw lerhadap pcnm perawat sebagai Care provider. Kesimpulannya Faklor kreatifitas berpengaruh terhadap pcran pcrawal sebagai Care provotkr. Di sarankan unluir. meningkatkan mativiw lenaga perawal melaJui pclalihan menjadi perawat profesionaJ menangani LILI labMa TB dan tt'knik komunikasi DipoMang pcrlu dilakukan penelitian yang sarna dengan jumlah responden yang lebih banyak dan di lakukan pada beberapa RS dan unit layanan kesehatan yang mennngani pasim Tn terutama dengan kualifiltasi SI Kepcrawatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tingkat pengctahuan, proses manajemen. motivasi kerja, teknik komunikasi peran perawat
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT89-120 Specialties in nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Anastasia Tiara Ayu Hapsari, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:47
Last Modified: 17 Apr 2023 04:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123829
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item