CYNTHIA KARTIKA TJANDRA, 030810290 (2012) PERLINDUNGAN HUKUM ATAS ASPEK KESELAMATAN DAN KEAMANAN KONSUMEN HOTEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2012-tjandracyn-22043-7.abstr-k.pdf Download (65kB) | Preview |
|
Text (Fulltext)
Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
Abstract
Dewasa ini, dunia industri di Indonesia semakin berkembang pesat, baik itu industri makanan, industri elektronik, industri perbankan, bahkan termasuk industri perhotelan. Industri perhotelan menjadi salah satu industri yang cukup berkembang pesat di Indonesia karena tingkat mobilitas masyarakat Indonesia yang cukup tinggi, terutama mobilitas yang bersifat sementara, seperti untuk perjalanan wisata dan untuk perjalanan bisnis. Namun, perkembangan pesat industri perhotelan ini tidak diimbangi dengan peningkatan aspek keselamatan dan keamanan yang tinggi oleh pihak pelaku usaha industri perhotelan. Pihak pelaku usaha industri perhotelan lebih meningkatkan pada aspek kenyamanan dengan memberikan berbagai fasilitas seperti tempat spa, tempat olahraga/ fitness, fasilitas internet gratis, tempat shopping di dalam hotel, dan berbagai fasilitas lainnya yang memanjakan para konsumen hotel. Padahal, aspek keselamatan dan aspek keamanan adalah aspek yang sangat penting dalam penjualan jasa kepada konsumen. Tanpa adanya keselamatan dan keamanan dalam penggunaan jasa tersebut, tidaklah ada artinya jasa yang ditawarkan tersebut. Aspek kenyamanan dan aspek kemanfaatan pun tidak akan tercapai dalam penggunaan jasa tersebut apabila tidak diimbangi dengan peningkatan aspek keselamatan dan aspek keamanan. Adanya Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen merupakan salah satu perangkat hukum yang berfungsi untuk melindungi konsumen hotel dari pelaku usaha hotel agar pelaku usaha hotel tidak memanfaatkan kedudukannya yang berada di atas konsumen hotel dengan cara berbuat hal-hal yang dapat merugikan aspek keselamatan dan aspek keamanan konsumen hotel. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ini diharapkan akan menjadi suatu bentuk perlindungan hukum terhadap setiap konsumen pengguna barang dan/atau jasa yang diproduksi dan/atau diperjualbelikan oleh pelaku usaha dan diharapkan pula akan menjadi suatu bentuk keseimbangan kedudukan antara pelaku usaha dengan konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FH.128/12 Tja p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN | ||||||
Subjects: | K Law > K Law (General) | ||||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | hari | ||||||
Date Deposited: | 27 Dec 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 06 Sep 2016 08:23 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12383 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |