Angka Kejadian Mual-Muntah Pada Pemberian Metoclopramide Dibandingkan Ondansetron Pada Pasien Yang Mendapat Terapi Tramadol Pasca Bedah Dengan Anestesi Umum

Sampan Berlian Dwi K, - (2014) Angka Kejadian Mual-Muntah Pada Pemberian Metoclopramide Dibandingkan Ondansetron Pada Pasien Yang Mendapat Terapi Tramadol Pasca Bedah Dengan Anestesi Umum. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PPDS 05 14 SAM A_.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Mual dan muntah merupakan salah satu efek sarnping yang dapat terjadi setelah pemberian analgesia Trarnadol 100 mg iv pasca bedah dengan anestesi umum, dengan angka kejadian mual 24- 40% sedangkan untuk muntah 9- 17%. Mual dan muntah menyebabkan ketidakpuasan pasien dan meningkatkan biaya perawatan. Pendekatan penanganan mual-muntah telah banyak dikembangkan termasuk metocloprarnide dan ondansetron. Tujuan : Membandingkan angka kejadian mual-muntah pada pemberian Metocloprarnide 10 mg iv dengan Ondansetron 4 mg iv pada pemberian obat analgetik Trarnadol 100 mg iv pasca bedah. Metode : Penelitian ini melibatkan 46 orang sampel dengan rentang usia 14-60 tahun. Sampel dibagi menjadi dua kelompok secara acak yaitu 23 orang sarnpel menjadi kelompok perlakuan 11M ( mendapat profilaksis mual dan muntah metocloprarnide 10 mg) dan kelompok perlakuan 2/0 (mendapat profilaksis mual dan muntah ondansetron 4 mg ). Kelompok M akan diberikan obat berupa metocloprarnide 10 mg iv pada saat mulai penjahitan subcutis sedangkan kelompok 0 diberikan obat ondansetron 4 mg iv pada saat mulai penjahitan subcutis. Kedua kelompok tersebut mendapatkan perlakuan yang sarna, premedikasi dengan midazolam 0,1 mglkg bb intravena (iv), selanjutnya dilakukan induksi dengan fentanyl 1-2 Jlglkg bb, propofol 1- 2,5 mglkg bb, rocuronium 0,8- 1 mglkg bb. Rumatan dengan Isofluran + 02 dan analgetik III intraoperasi dengan fentanyl 1-2 Jlg/kg bb.Pada saat mulai penjahitan subcutis diberikan injeksi tramadol 100 mg iv HasH : Tidak ada perbedaan bermakna pada skor mual dan muntah pada kedua kelompok, pada satujam pasca operasi (p = 1,000), pada empatjam pasca operasi (p = 1,000). Didapatkan efek samping berupa nyeri kepala 1 orang dan pusing (kepala seperti berputar) 1 orang pada kelompok obat ondansetron. Simpulan : Tidak ada perbedaan bermakna dalam hal efektifitas antara metclopramide 10 mg iv dengan ondansetron 4 mg iv dalam mencegah mual dan muntah pada pasien yang mendapat analgetik tramadol 100 mg iv pasca bedah dengan anestesi urnum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metoclopramide,Ondansetron,Tramadol, mual dan muntah
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Sampan Berlian Dwi K, --
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:22
Last Modified: 17 Apr 2023 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/123838
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item