Ayunda Izzatul Iman, - (2023) Dukungan Akademik GPK bagi Siswa dengan GSA selama Masa Transisi Pandemi pada SD Inklusif. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.
Text (Artikel Ilmiah)
Jurnal GPK _Ayunda Izzatul Iman_111811133063.pdf Download (283kB) |
Abstract
Masa transisi pandemi covid-19 mengakibatkan perubahan pada pendidikan, termasuk pendidikan inklusif. Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas dan hybrid learning diterapkan sebagai alternatif proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus intrinsic dengan pengambilan data melalui wawancara, dokument, dan artefak. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif oleh Miles & Huberman (1994) dan member checking sebagai teknik pemantaban kredibilitas data. Penelitian ini melibatkan dua partisipan Guru Pembimbinga Khusus (GPK) bagi siswa dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) di SD Inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan akademik diawali dengan proses identifikasi, penyusunan, penerapan, hasil capaian, pengembangan, dan evaluasi dukungan akademik. Partisipan menerapkan jenis dukungan relasional, kurikuler, emosional, dan instruksional. Bentuk dukungan yang diterapkan yaitu melibatkan siswa dalam kegiatan, menertibkan siswa, berkonsultasi pada GPK di jenjang sebelumnya, dan konsultasi secara daring. Dukungan akademik yang diberikan secara garis besar tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan sebelum pandemi, perbedaannya hanya terletak pada keterbatasan waktu penerapan dukungan yang menjadi tantangan bagi GPK.
Actions (login required)
View Item |