Dukungan Akademik GPK bagi Siswa dengan GSA selama Masa Transisi Pandemi pada SD Inklusif

Ayunda Izzatul Iman, - (2023) Dukungan Akademik GPK bagi Siswa dengan GSA selama Masa Transisi Pandemi pada SD Inklusif. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Jurnal GPK _Ayunda Izzatul Iman_111811133063.pdf

Download (283kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masa transisi pandemi covid-19 mengakibatkan perubahan pada pendidikan, termasuk pendidikan inklusif. Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas dan hybrid learning diterapkan sebagai alternatif proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus intrinsic dengan pengambilan data melalui wawancara, dokument, dan artefak. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data interaktif oleh Miles & Huberman (1994) dan member checking sebagai teknik pemantaban kredibilitas data. Penelitian ini melibatkan dua partisipan Guru Pembimbinga Khusus (GPK) bagi siswa dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) di SD Inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan akademik diawali dengan proses identifikasi, penyusunan, penerapan, hasil capaian, pengembangan, dan evaluasi dukungan akademik. Partisipan menerapkan jenis dukungan relasional, kurikuler, emosional, dan instruksional. Bentuk dukungan yang diterapkan yaitu melibatkan siswa dalam kegiatan, menertibkan siswa, berkonsultasi pada GPK di jenjang sebelumnya, dan konsultasi secara daring. Dukungan akademik yang diberikan secara garis besar tidak jauh berbeda dengan yang diterapkan sebelum pandemi, perbedaannya hanya terletak pada keterbatasan waktu penerapan dukungan yang menjadi tantangan bagi GPK.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Akademik, Guru Pembimbing Khusus, Gangguan Spektrum Autisme, Pendidikan Inklusif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712-724.85 Developmental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
L Education
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
L Education > LC Special aspects of education > LC5800-5808 Distance education.
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Ayunda Izzatul Iman, -111811133063
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPRAMESTI PRADNA PARAMITA, -0007028202
Depositing User: Ayunda Izzatul Iman
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:05
Last Modified: 07 Jul 2023 06:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/124773
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item