Analisis Kandungan Logam Berat (Pb, Cd dan As) pada Rumput Laut (Eucheuma cottonii) (Studi Kasus: Perairan Laut Wongsorejo, Banyuwangi)

Agung Satriyo Bayu, ,- and Suciyono, ,- and Sapto Andriyono, ,- Analisis Kandungan Logam Berat (Pb, Cd dan As) pada Rumput Laut (Eucheuma cottonii) (Studi Kasus: Perairan Laut Wongsorejo, Banyuwangi). Jurnal Ilmiah Perikanan, 13 (2). ISSN 2086-8480

[img] Text (Artikel)
50. Logam berat RL.pdf

Download (425kB)
[img] Text (Plagiasi)
50. T.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Form Penilaian Kualitas Karil dan Kesesuaian Bidang Ilmu)
50. Karil.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Corresponding)
50. corresponding.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Ethical clearance)
ethics sapto1.pdf

Download (853kB)
Official URL: https://grouper.unisla.ac.id/index.php/grouper/art...

Abstract

Budidaya rumput laut merupakan kegiatan penting perikanan yang mensuplai salah satu komoditas ekspor utama di Indonesia. Rumput laut yang memiliki nilai ekonomis salah satunya jenis Eucheuma cottonii. Karakteristik yang dimiliki oleh rumput laut yaitu dapat menyerap senyawa di perairan atau bersifat biofilter. Salah satu faktor yang dapat menurunkan mutu rumput laut adalah masuknya bahan pencemar seperti logam berat. Akibat dari masuknya logam berat di perairan ialah adanya akumulasi logam berat pada thallus rumput laut hingga terjadi bioakumulasi dan biomagnifikasi. Metode penelitian ini adalah survey atau observasi dimana data didapatkan dari lapang. Pengujian sampel secara ex situ diantaranya sampel air, sedimen dan rumput laut yang dilakukan menggunakan metode Inductively Coupled Plasma Mass Spectrometry (ICP-MS) untuk mengetahui kadar logam berat Pb, Cd, dan As. Metode analisis data diukur menggunakan Contamination Factor (CF), Index Geo-Accumulation (Igeo), dan Bioconcentration Factor (BCF). Hasil pengujian menunjukkan akumulasi logam berat Pb, Cd dan As berada pada bawah ambang baku mutu dan berada dalam kondisi yang aman. Hasil logam berat Pb, Cd dan As berturut-turut pada rumput laut yaitu 0.0665 mg/kg, 0.516 mg/kg, dan 0.7253 mg/kg. Berdasarkan Contaminasion Factor Index dan Bioconsentration Factor, perairan tersebut memiliki nilai kontaminasi rendah dan tingkat akumulasi logam berat yang rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: logam berat, rumput laut, bioakumulasi, pencemaran
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
Agung Satriyo Bayu, ,-UNSPECIFIED
Suciyono, ,-UNSPECIFIED
Sapto Andriyono, ,-0025097907
Depositing User: anita erna faricha
Date Deposited: 28 Apr 2023 09:29
Last Modified: 28 Apr 2023 09:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/125230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item