Peer Influence dan Konsumsi Makanan Cepat Saji Remaja di SMAN 6 Surabaya

KHAIRINA FADIAH HIDAYATI, 101511233043 and Trias Mahmudiono, - and Annas Buanasita, - and FRANSISKA SABATINI SETIAWATI, 101511233004 and NADIA RAMADHANI, 101511233038 (2019) Peer Influence dan Konsumsi Makanan Cepat Saji Remaja di SMAN 6 Surabaya. Amerta Nutrition, 3 (4). pp. 218-224. ISSN 2580-9776

[img] Text (Artikel)
C52_Artikel.pdf

Download (619kB)
[img] Text (Turnitin)
C52_Turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Validasi)
C52_Validasi.pdf

Download (437kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/amnt

Abstract

Latar Belakang: Remaja memiliki ciri-ciri ingin diterima oleh kelompok sosialnya (peer). Peer influence juga bisa memengaruhi konsumsi, salah satunya konsumsi makanan cepat saji, modern maupun tradisional. Peer influence yang tinggi memiliki kemungkinan untuk membuat konsumsi makanan cepat saji remaja menjadi tinggi. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan antara peer influence dan konsumsi makanan cepat saji, modern maupun tradisional. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan studi cross sectional pada 136 remaja di SMAN 6 Surabaya yang dipilih secara clustered random sampling. Data yang dikumpulkan adalah latar belakang responden berupa tinggi badan, berat badan, jenis kelamin, usia, serta uang saku harian. Selain itu, responden diminta mengisi peer influence scale questionnaire dan food frequency questionnaire. Hasil: Sebagain besar responden berstatus gizi gemuk (14%) dan memiliki peer influence sedang (50%). Uji korelasi chi square mengungkapkan adanya hubungan yang signifikan antara peer influence dan konsumsi spaghetti (p=0,007), fried chicken (p=0,009), french fries (p=0,008), beef burger (p=0,018), chicken burger (p=0,009), dan dimsum (p=0,046). Tidak ada makanan dari kelompok makanan cepat saji tradisional yang memiliki hubungan yang signifikan dengan peer influence. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara konsumsi beberapa jenis makanan cepat saji modern dan peer influence. Jenis makanan cepat saji yang memiliki korelasi dengan peer influence yaitu spaghetti, fried chicken, french fries, beef burger, chicken burger, dan dimsum. Sedangkan tidak ada makanan dari kelompok makanan cepat saji tradisional yang memiliki hubungan yang signifikan dengan peer influence. Hal ini mengungkapkan bahwa peer influence hanya memengaruhi makanan cepat saji tertentu yang memiliki nilai prestige.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
KHAIRINA FADIAH HIDAYATI, 101511233043UNSPECIFIED
Trias Mahmudiono, -NIDN0024038105
Annas Buanasita, -UNSPECIFIED
FRANSISKA SABATINI SETIAWATI, 101511233004UNSPECIFIED
NADIA RAMADHANI, 101511233038UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Chusnul Chuluq
Date Deposited: 28 Apr 2023 01:22
Last Modified: 28 Apr 2023 01:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/125271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item