MEDIA PENDIDIKAN GIZI NUTRITION CARD BERPENGARUH TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH DASAR

NI PUTU WAHYUNINGSIH, NPW and Siti Rahayu Nadhiroh, - and Merryana, Adriani (2015) MEDIA PENDIDIKAN GIZI NUTRITION CARD BERPENGARUH TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN MAKANAN JAJANAN ANAK SEKOLAH DASAR. Media Gizi Indonesia, 10 (1).

[img] Text (VALIDASI)
17_validasi.pdf

Download (621kB)
[img] Text (TURNITIN)
17_turnitin.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ARTIKEL)
17_full text.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengetahuan mengenai makanan jajanan anak sekolah dasar yang masih rendah merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian. Perlu upaya untuk meningkatkan pengetahuan anak, salah satunya dengan memberikan pendidikan gizi dengan bantuan media pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan pengetahuan sesudah diberikan pendidikan gizi dengan media nutrition card dan papan tulis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design quasi experiment with pre test – post test control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 dengan besar sampel 27 anak untuk masing-masing kelompok. Intervensi dilakukan selama 1 bulan dengan 8 kali pertemuan dan setiap pertemuan menghabiskan waktu selama 30 menit. Berdasarkan hasil uji statistik mann whitney, terdapat perbedaan pengetahuan yang signifi kan (p<0,05) sesudah diberikan pendidikan gizi dengan media nutrition card. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian pendidikan gizi dengan media nutrition card dapat meningkatkan pengetahuan tentang makanan jajanan anak sekolah. Perlu dilakukan sosialisasi untuk memperkenalkan media ini kepada seluruh siswa di SDN Keputih No.245 dan juga sekolah-sekolah yang lain.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
NI PUTU WAHYUNINGSIH, NPWNIM101311223006
Siti Rahayu Nadhiroh, -NIDN0031057506
Merryana, AdrianiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Chusnul Chuluq
Date Deposited: 28 Apr 2023 00:38
Last Modified: 28 Apr 2023 00:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/125309
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item