Provision Study of Lactobacillus spp. and Barley Straw Against Dynamics of DO, pH and Plankton Abundance

Silvi Hardiyana and Boedi Setya Rahardja and Endang Dewi Masithah (2020) Provision Study of Lactobacillus spp. and Barley Straw Against Dynamics of DO, pH and Plankton Abundance. Journal of Marine and Coastal Science, 9 (1).

[img] Text (Artikel)
Paper _ Provision Study Of Lactobacillus Spp..pdf

Download (2MB)
[img] Text (Penilaian KARIL)
Provision.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Quality.pdf

Download (699kB)
[img] Text (Article)
28. Provision Study Of Lactobacillus Spp. And Barley Straw Against Dynamics Of Do, Ph And Plankton Abundance.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Kelayakan Etik)
28. Ethic Provision Study Of Lactobacillus Spp. And Barley Straw Against Dynamics Of Do, Ph And Plankton Abundance.pdf

Download (570kB)

Abstract

Kegiatan usaha budidaya ikan dalam beberapa tahun terakhir ini banyak memperlihatkan kondisi kualitas air tidak mendukung kehidupan ikan yang dipelihara secara optimal dan semakin menurun daya dukungnya, salah satunya parameter DO dan pH. Sebagai tindakan penanganan yang dilakukan salah satunya dengan pemberian probiotik Salah satu bakteri yang biasa digunakan dalam pengaplikasian probiotik yaitu Lactobacillus spp. Bakteri gram positip Lactobacillus spp. banyak digunakan sebagai probiotik untuk memperbaiki kualitas airPenggunaan bakteri Lactobacillus spp. diharapkan dapat meningkatkan kualitas air yaitu mempercepat perombakan bahan organik dalam perairan dan menekan mikroorganisme merugikan sehingga dapat mempengaruhi dinamika nilai DO, pH dan meningkatkan nutrient dalam perairan. Barley straw adalah ekstrak bubuk jerami penghasil H2O2 yang berfungsi menghambat pertumbuhan mikroalga. Penggunaan ekstrak bubuk jerami telah menjadi lebih umum sebagai metode alternatif untuk mengendalikan pertumbuhan alga yang berlebihan dengan cara menghambat, bukan membasminya sehingga stabilisasi dari kelimpahan plankton dalam perairan dapat terkendali dengan baik.Untuk mempelajari peran bakteri Lactobacillus spp. dan barley straw dalam pengelolaan bahan organik dan kelimpahan plankton maka dilakukan penelitian Studi Pemberian Lactobacillus spp. dan barley straw terhadap dinamika DO,pH dan Kelimpahan Plankton.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas air, Bakteri ,Algistatik, Nutrient, dan Probiotik
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
Silvi HardiyanaUNSPECIFIED
Boedi Setya RahardjaUNSPECIFIED
Endang Dewi MasithahNIDN0012096902
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 29 Apr 2023 04:23
Last Modified: 07 Jun 2023 02:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/125723
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item