Pembatalan Perjanjian Dalam Kerjasama Build Operate Transfer (Bot)

Muhammad Arganata Thamrin (2015) Pembatalan Perjanjian Dalam Kerjasama Build Operate Transfer (Bot). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (336kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB II KARAKTERISTIK KONTRAK)
5. BAB II KARAKTERISTIK KONTRAK BUILD .pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III LANDASAN YURIDIS)
6. BAB III LANDASAN YURIDIS .pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN .pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 2 June 2023.

Download (524kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan di Indonesia saat ini semakin gencar dilakukan dalam berbagai bidang. Kondisi ini membutuhkan partisipasi dari pihak swasta untuk membantu proses pembangunan yang tidak hanya dilakukan dalam skala kecil, melainkan juga skala besar. Adanya penyerahan pembangunan tersebut disebut dengan istilah Build Operate Transfer (BOT). BOT adalah suatu bentuk kerjasama anatara para pihak dimana suatu objek dibangun, dikelola atau dioprasikan selama jangka waktu tertentu lalu diserahkan kepada pemilik asli. BOT dilakukan dengan berdasarkan pada perjanjian sebagai landasan pelaksanaan BOT. Pengaturan perjanjian BOT saat ini masih berpedoman kepada BW dan peraturan perundang-undangan lain yang pada prinsipnya belum mengatur secara khusus terkait BOT. Perjanjian BOT saat ini banyak terjadi pelanggaran. Hal ini seperti yang terjadi pada kasus antara PT. Bank Rakyat Indonesia dan Dana Pensiun BRI melawan PT. Mulia Persada Pacific, di mana PT. Mulia Persada Pacific melanggar ketentuan dalam perjanjian. Kasus tersebut kemudian dibawa ke Pengadilan sampai tingkat kasasi dan PT. Mulia Persada Pacific tidak diputus harus melakukan ganti rugi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perjanjian BOT terdapat tiga pihak, yaitu pemerintah/pemilik lahan, pihak swasta/investor dan pihak kontraktor yang saling mempunyai hubungan hukum. Perjanjian tersebut harus memuat empat hal sebagaimana diatur dalam Pasal 36 ayat (5) Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014, yaitu objek Bangun Guna Serah atau Bangun Serah Guna, jangka waktu Bangun Guna Serah atau Bangun Serah Guna, dan hak dan kewajiban para pihak yang terikat dalam perjanjian. Akibat hukum dari tidak terpenuhinya kewajiban tersebut adalah pihak yang merasa dirugikan dapat meminta kepada pihak yang tidak memenuhi perjanjian untuk melaksanakan kewajiban, melaksanakan kewajiban dengan disertai ganti rugi, meminta ganti rugi saja, atau melakukan pembatalan perjanjian, atau pembatalan perjanjian dengan ganti rugi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggugat lewat jalur pengadilan dan di luar pengadilan. Akan tetapi penyelesaian di luar pengadilan masih belum terbatas dan praktek penyelesaian di pengadilan banyak yang tidak menyelesaikan masalah. Berdasarkan hal tersebut, maka pihak dalam perjanjian harus paham isi perjanjian, dan harus ada pengaturan yang khusus mengatur BOT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 49/16 Tha p
Uncontrolled Keywords: Pembatalan, Perjanjian, BOT
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Arganata ThamrinNIM031111167
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErni AgustinNIDN0010088302
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 26 Feb 2016 12:00
Last Modified: 02 Jun 2020 04:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12629
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item