Pendidikan Gizi Seimbang Dengan Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Remaja

Berliana Nur Frisda, - and Widati Fatmaningrum, Widati and Woro Setia Ningtyas, - Pendidikan Gizi Seimbang Dengan Media Video Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Remaja. Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia, 7 (2). pp. 1988-1998. ISSN 2548-1398

[img] Text (Artikel)
37. Artikel.pdf

Download (192kB)
[img] Text (Kualitas Karil & Kesesuaian Bidang Ilmu)
37. Karil.pdf

Download (569kB)
[img] Text (Turnitin)
37. Turnitin.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/synt...

Abstract

Abstract Beban Ganda Malnutrisi merupakan permasalahan global yang mempengaruhi negara kaya maupun miskin. Kelebihan berat badan dan kekurangan berat badan merupakan penyakit multifaktoral yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal bisa berupa kelainan genetik dan kelainan endokrin, sedangkan faktor eksternal bisa berupa pengetahuan, gaya hidup, dan lingkungan. Kualitas gizi yang tidak seimbang akan berdampak pada pertumbuhan fisik yang tidak optimal, mempengaruhi reproduksi, dan mempengaruhi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi seimbang melalui media video animasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja. Metode: Metode penelitian ini adalah Quasi eksperimental dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design. Jumlah sampel sebanyak 42 siswa dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas adalah pendidikan gizi seimbang yang diberikan sebanyak 3 kali pertemuan (satu minggu satu pertemuan) dengan metode penyuluhan menggunakan media audiovisual yaitu video animasi. Variabel terikatnya adalah pengetahuan gizi seimbang. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner dan video animasi. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan remaja meningkat 100% denga p value = 0.000 (<0,05). Kesimpulan: Data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi gizi seimbang melalui video animasi terhadap peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Berliana Nur Frisda, -UNSPECIFIED
Widati Fatmaningrum, WidatiNIDN0008016604
Woro Setia Ningtyas, -UNSPECIFIED
Depositing User: arys fk
Date Deposited: 10 May 2023 22:16
Last Modified: 10 May 2023 22:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/126514
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item