Standarisasi Produk Pelek di Indonesia sebagai Upaya Penegakan Hak-Hak Konsumen

Reza Radianto (2015) Standarisasi Produk Pelek di Indonesia sebagai Upaya Penegakan Hak-Hak Konsumen. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (428kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB II PENGATURAN SNI PRODUK...)
5. BAB II PENGATURAN SNI PRODUK....pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PENGATURAN SNI PADA...)
6. BAB III PENGATURAN SNI PADA....pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ruang lingkup perlindungan konsumen sulit dibatasi bila hanya dengan menampung dalam satu jenis Undang-Undang, seperti Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen. Undang-Undang Perlindungan Konsumen selalu berhubungan dan berinteraksi dengan berbagai bidang dan cabang hukum lainnya, karena dalam setiap bidang dan cabang hukum yang selalu ada pihak berpredikat "konsumen". Dalam mengantisipasi pasar domestik semakin terintegrasi ke dalam pasar global, Kementerian Perdagangan untuk mengoptimalkan kebijakan dan langkah-langkah keamanan untuk produsen dalam negeri, mengamankan pasar domestik dan melindungi konsumen. Ini adalah dasar untuk pembentukan Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen dipercayakan untuk bertanggung jawab atas setiap aspek perlindungan konsumen. beberapa konsumen mengalami kerugian yang tidak diinginkan dari pecahnya velg bahwa tidak ada SNI adalah karena memukul lubang pada saat konsumen mendorong kendaraan. Sebagian besar wabah pelek di bibir pelek, kemudian mendapatkan momentum yang dan make ban yang akan robek di akhir ban meledak. Thus membuat kendaraan didorong oleh kehilangan keseimbangan, sehingga akhirnya kendaraan menabrak pengguna jalan lainnya akan melalui jalan yang sama. Setelah ditelusuri ternyata pelek yang digunakan oleh kendaraan seperti belum melalui tahap standardisasi, dengan tidak adanya label SNI pada pelek kendaraan. Dalam rangka pelaksanaan Standar Nasional Indonesia (SNI) Pelek Kendaraan Bermotor Mulai berkewajiban untuk pergi melalui proses standarisasi sebelum Beredar di pasar. Produsen atau importir wajib mengikuti tahapan proses standarisasi sebelum mendapatkan izin untuk membubuhkan label pada produk SNI barang produksi, label harus ditempatkan pada posisi yang mudah terlihat oleh konsumen. Peraturan yang mengatur standar kualitas bahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 136/15 Rad s
Uncontrolled Keywords: Consumer Rights
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K85-89 Legal research
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Reza RadiantoNIM031011074
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Purnama AnugerahNIDN0015098103
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 03 Aug 2015 12:00
Last Modified: 20 Feb 2020 07:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item