AKTUALISASI PERUM PEGADAIAN SEBAGAI LEMBAGA PEMBIAYAAN

RIZKA FAIS OCTAVIANA, 030315718 (2008) AKTUALISASI PERUM PEGADAIAN SEBAGAI LEMBAGA PEMBIAYAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-octavianar-9442-abstrak-8.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-octavianar-8186-fh97_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perum Pegadaian sebagai satu-satunya lembaga keuangan yang diberi kewenangan oleh undang-undang untuk melaksanakan usaha peminjaman uang dengan sistem gadai, saat ini merupakan salah satu alternatif lembaga pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah. Peran Perum Pegadaian menjadi alternatif lembaga pembiayaan bagi usaha kecil dan menengah karena beberapa kelebihannya dibanding dengan lembaga keuangan yang lain, yakni mudah untuk memperoleh dana pinjaman karena tidak diperlukan persyaratan yang berat dan prosedur yang berbelit-belit, Bunga sangat rendah sesuai dengan kemampuan pengusaha kecil dan menengah, dan sewaktu-waktu dapat dilunasi manakala peminjam mampu melakukannya. Hal-hal tersebut tidak diperoleh pada lembaga keuangan yang lain. Dalam kondisi perekonomian yang sangat terpuruk ini, Perum Pegadaian memiliki peranan yang sangat strategis untuk membantu pengusaha kecil dan menengah. Berdasarkan hasil penelitian, ditengah-tengah kondisi krisis ekonomi nasional saat ini, Perum Pegadaian semakin banyak akrab dan digemari oleh masyarakat pengusaha kecil dan menengah sebagai alternatif pemberi pinjaman. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah pemberian kredit kepada para pedagang dan pengusaha kecil dan menengah dari tahun ke tahun. Sebagai penyandang dana bagi usaha kecil dan menengah, risiko yang mungkin dihadapi pada dasarnya hanya pada tuntutan tanggung jawab jika terjadi kerusakan atau bahkan hilangnya barang yang digadai selama dalam penguasaannya. Risiko ini sebenarnya merupakan risiko yang umum bisa terjadi, namun dalam praktik untuk mencegah timbulnya risiko tersebut, Perum Pegadaian bekerja sama dengan perusahaan asuransi dan melakukan upaya-upaya pemeliharaan terhadap barang-barang yang dijadikan agunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 97/08 Oct a
Uncontrolled Keywords: PAWNING
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB2870 Civil service. Employees of state, communal agencies, and religious corporations
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
RIZKA FAIS OCTAVIANA, 030315718UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoch. isnaeni, Prof. Dr., S.H.M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 19 Dec 2008 12:00
Last Modified: 25 Jul 2016 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12775
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item