Hubungan antara Social Support dan Subjective Well-being Pada Anak Pekerja Migran

Nesya Alesya Rosiyadi, '- (2022) Hubungan antara Social Support dan Subjective Well-being Pada Anak Pekerja Migran. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
111611133077_NESYA ALESYA ROSIYADI_JURNAL.pdf

Download (266kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara pengirim pekerja migran terbesar di Asia Tenggara. Dengan banyaknya orangtua yang memutuskan menjadi pekerja migran Indonesia akan menyebabkan anak kehilangan sosok orangtua sebagai pengasuh utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang hubungan dukungan sosial dan subjective well-being pada anak Pekerja Migran Indonesia (PMI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey melalui kuesioner. Partisipan penelitian terdiri dari 153 remaja dengan usia 13-18 tahun yang ditinggalkan orang tuanya untuk bekerja di luar negeri. Untuk mengukur dukungan sosial menggunakan alat ukur Social Support Questionnaire For Children, sementara untuk subjective well-being menggunakan Satisfaction With Life Scale dan Positive and Negative Affect Schedule. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dan subjective well-being. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tingginya dukungan sosial yang didapatkan oleh anak pekerja migran akan mempengaruhi tingkat subjective well-beingnya.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: anak pekerja migran, dukungan sosial, kesejahteraan subjektif
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nesya Alesya Rosiyadi, '-111611133077
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDIke Herdiana, '-0022057505
Depositing User: Nesya Alesya Rosiyadi
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:56
Last Modified: 12 Jul 2023 04:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/127842
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item