Hubungan antara Mental Well-Being dan Life Satisfaction dengan Health Consciousness sebagai variabel Mediator pada peserta Olahraga Kardio

Ayu Bekti Kurnia T., - (2023) Hubungan antara Mental Well-Being dan Life Satisfaction dengan Health Consciousness sebagai variabel Mediator pada peserta Olahraga Kardio. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Jurnal Ayu Bekti Kurnia-111611133208-PKS.pdf

Download (448kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/

Abstract

Olahraga berperan penting dalam kesehatan mental, bahkan dengan berolahraga dapat meredakan gejala stres, depresi dan kecemasan. Dengan meningkatkan kesadaran untuk berolahraga, individu mampu untuk merasakan kenyamanan dan ketenangan akan kondisi psikisnya, dan diharapkan individu mampu merasakan kepuasan dalam dirinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Mental Well-Being dan Life Satisfaction dengan Health Consciousness sebagai variabel Mediator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 104 peserta olahraga kardio. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala Satisfaction with Life Scale untuk mengukur life satisfaction, Warwick-Edinburgh Mental Well-being Scale untuk mengukur mental well-being, dan skala health consciousness milik (Hong, 2009). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi untuk mengetahui hubungan antar variabel dan untuk memperkuat peran health consciousness sebagai mediator digunakan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan mental memiliki hubungan yang positif dengan kepuasan hidup, dan kesadaran akan kesehatan memiliki hubungan yang signifikan untuk menjadi variabel mediator antara kesejahteraan mental dan kepuasan hidup. Hal ini berarti apabila individu memiliki kesejahteraan mental yang baik maka individu juga memiliki rasa kepuasan hidup yang tinggi.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Ayu Bekti Kurnia T., -111611133208
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Nur Alfian, -0001097603
Depositing User: ayu AB bekti
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:16
Last Modified: 26 Jul 2023 08:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/127879
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item