Ariesandy, Shagita
(2023)
Hubungan Antara Self-esteem dan Online Disinhibtion Effect pada Generasi Z Pengguna Media Sosial Twitter.
Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (Artikel Ilmiah)
Hubungan Antara Self-esteem dan Online Disinhibition Effect pada Gnerasi Z Pengguna Media Sosial Twitter_Shagita Ariesandy.pdf
Download (636kB)
|
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dan online disinhibition effect (ODH) terhadap generasi Z pengguna media sosial twitter. Self-esteem menjadi salah satu faktor yang berperan dalam penggunaan internet. Namun penggunaan internet itu sendiri memiliki efek samping lain yang membuat seseorang menjadi memiliki dua persona. Perilaku online dan offline dari seseorang yang berbeda inilah yang disebut dengan online disinhibition effect. Hal ini kerap kali menjadi motivasi seseorang untuk bertindak kriminal di dunia internet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif terhadap 150 subjek generasi Z. Alat ukur yang digunakan adalah Rosenberg Self-esteem Scale (RSES) dan Online disinhibition scale. Hasil Analisa penelitian ditemukan terdapat hubungan positif yang cukup signifikan antara kedua variabel (r=0,404; p=0,000) Hubungan tersebut bersifat positif. Dimana semakin tinggi self-esteem seseorang maka semakin tinggi pula kecenderungan online disinhibition effect. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk membuat intervensi terhadap penggunaan internet.
Actions (login required)
|
View Item |