PERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN BANK DALAM USAHA KARTU KREDIT BANK

Dian Rahmania, 030115201 (2006) PERAPAN PRINSIP KEHATI-HATIAN BANK DALAM USAHA KARTU KREDIT BANK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-rahmaniadi-1148-fh9206-k.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-rahmaniadi-1148-fh_92_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

a. Bank penerbit dalam melakukan hubungan hukum dengan pemegang kartu berpegang pada prinsip kehati-hatian. Perwujudan dari pelaksanaan prinsip kehati-hatian adalah melakukan analisis kredit terhadap calon pemegang kartu untuk mengetahui bonafiditasnya. Bank penerbit dalam melakukan analisis kredit berlandaskan pada Pasal 8 Undang-undang Perbankan beserta penjelasannya, yaitu dengan melakukan penilaian terhadap watak, kemampuan, modal, agunan, kondisi ekonomi. Namun untuk memperoleh kartu kredit, lazimnya tidak diperlukan agunan. Selain itu bank penerbit membuat serangkaian aturan mengenai kewajiban para pihak yang dituangkan dalam perjanjian kartu kredit. Adanya perjanjian penerbitan kartu kredit ini diharapkan dapat mencegah bank dari kerugian akibat kelalaian atau ketidakmampuan pemegang kartu dalam melaksanakan kewajibannya. b. Bank yang melakukan usaha kartu kredit dapat bertindak sebagai penerbit sekaligus juga sebagai acquirer atau dapat bertindak sebagai penerbit saja sedangkan acquirer dilakukan oleh bank yang berbeda. Pada dasarnya acquirer hanyalah mempermudah dan mempercepat proses pembayaran kepada pedagang. Bank juga akan melakukan serangkaian prosedur dalam menjaring pedagang yang akan diajak bekerjasama untuk. menerima pembayaran dengan kartu kredit. Bank juga akan melakukan penilaian dari segi hukum dan potensi pedagang tersebut. Selain itu bank menetapkan perjanjian kerjasama pedagang. Dalam perjanjian ini diatur dengan jelas dan lengkap mengenai pelaksanaan penerimaan pembayaran dengan kartu kredit dan sanksi-sanksi jika pedagang melakukan penyimpangan ataupun jika terjadi penyalahgunaan kartu kredit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 92/06 Rah p
Uncontrolled Keywords: BANK CREDIT CARDS � LAW AND LEGISLATION
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
Creators:
CreatorsNIM
Dian Rahmania, 030115201UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurwahjuni, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 16 May 2006 12:00
Last Modified: 13 Jul 2016 08:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/12812
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item