Narrative Review: Kondisi Beban Pengasuhan pada Generasi Sandwich Wanita terhadap Kesejahteraan Psikologis

Asy'syifa, Farah (2023) Narrative Review: Kondisi Beban Pengasuhan pada Generasi Sandwich Wanita terhadap Kesejahteraan Psikologis. In: The International Conference of The Apply Psychology in SDGS and The Annual Meetings, 28/05/2023, Virtual Meeting. (Unpublished)

[img] Text
Narrative Review_Kondisi Beban Pengasuhan pada Generasi Sandwich Wanita terhadap Kesejahteraan Psikologis_Farah Asy'syifa.pdf

Download (290kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Di Indonesia terdapat sebanyak 34,71% lansia yang tinggal bersama tiga generasi. Angka tersebut menunjukkan bahwa tingkat ketergantungan usia non-produktif kepada usia produktif terbilang cukup banyak. Kondisi tersebut mampu mengarahkan Indonesia mengalami kondisi generasi sandwich yang mendorong terjadinya beban pengasuhan yang dialami masyarakat Indonesia, khususnya pada pengasuh generasi sandwich. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban pengasuhan generasi sandwich terhadap kesejahteraan psikologis pengasuh. Metode penelitian yang digunakan adalah review naratif yang dilakukan dengan cara mencari beberapa literatur terkait kondisi psikologis beban pengasuh yang berada dalam kondisi generasi sandwich. Literatur yang ditelaah berasal dari jurnal bereputasi, seperti Google Scholar, Science Direct, dan Web of Science yang dibatasi dari tahun 2008-2021. Dari 527 jurnal yang telah ditelaah, terdapat 7 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil telaah literatur sampai pada kesimpulan bahwa generasi sandwich secara positif memengarugi beban pengasuhan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: caregiver burden, kesejahteraan psikologis, sandwich generation
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Klinis
Creators:
CreatorsNIM
Asy'syifa, Farah111911133046
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSurjaningrum, Endang Retno0022027102
Depositing User: Farah Asy'syifa
Date Deposited: 01 Nov 2023 08:47
Last Modified: 01 Nov 2023 08:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128563
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item