Peran Self-Esteem Terhadap Academic Burnout Pada Siswa SMA Berbasis Agama (MA/Madrasah Aliyah) di Kota Palangka Raya

Mauli, Mimma (2023) Peran Self-Esteem Terhadap Academic Burnout Pada Siswa SMA Berbasis Agama (MA/Madrasah Aliyah) di Kota Palangka Raya. Peran Self-Esteem Terhadap Academic Burnout Pada Siswa SMA Berbasis Agama (MA/Madrasah Aliyah) di Kota Palangka Raya. (Unpublished)

[img] Text
Artikel Jurnal_Mimma Mauli.pdf

Download (893kB)

Abstract

Siswa MA seringkali dihadapkan dengan sistem atau peraturan sekolah serta tuntutan akademik yang berbeda dari sekolah menengah pada umumnya. Keluhan seperti banyaknya tugas-tugas dan kegiataan keagamaan yang diberikan sangat berdampak pada kehidupan sekolah siswa MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada 134 siswa MA di Kota Palangka Raya yang berusia 14-18 tahun atau yang masih aktif bersekolah di 5 dari 7 total MA yang ada di Kota Palangka Raya. Alat ukur yang digunakan yaitu RSES Rosenberg Self-Esteem Scale yang diadaptasi oleh (Azwar, 2017) dari alat ukur yang dikembangkan oleh Rosenberg, serta MBI-SS Maslach Burnout Inventory-Student Survey, (Schaufeli et al., 2002) yang telah diadaptasi oleh (Maharani, 2019). Adapun hasil analisis data penelitian menunjukan B=-0.499 dengan nilai signifikansi sebesar =0.000 < 0.05 dengan R Square 0.119. Hasil analisis data tersebut menunjukan adanya peran self-esteem terhadap academic burnout. Nilai peran yang didapatkan berada pada kategori lemah dan berarah negatif. Arah hubungan yang negatif berarti semakin rendah self-esteem maka semakin tinggi academic burnout yang dialami siswa, dan sebaliknya jika semakin tinggi self-esteem maka semakin rendah academic burnout yang dialami siswa MA. Kata kunci: Self-esteem, academic burnout, siswa MA, Madrasah Aliyah

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Mauli, Mimma111711133007
Depositing User: Mimma Mauli
Date Deposited: 27 Dec 2023 00:11
Last Modified: 27 Dec 2023 00:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128802
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item