Peran Dukungan Sosial dan Psychological Well-Being terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Airlangga

Aurelia Salsabilla Belvana Putri, - (2023) Peran Dukungan Sosial dan Psychological Well-Being terhadap Academic Burnout pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Universitas Airlangga. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
Jurnal_Aurelia Salsabilla Belvana Putri.pdf

Download (741kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dukungan sosial dan psychological well-being terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Airlangga. Pada penelitian ini menggunakan teknik nonprobability jenis purposive sample. Jumlah responden penelitian ini sebanyak 386 orang, terdiri dari 115 mahasiswa semester 7, 219 mahasiswa semester 9, 34 mahasiswa semester 11, dan 17 mahasiswa semester 13. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode survei, dan alat ukur yang digunakan adalah alat ukur academic burnout yang dikembangkan oleh Isma Dayanti (2019) berdasarkan konsep Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS), alat ukur dukungan sosial yang dikembangkan oleh Isma Dayanti (2019) berdasarkan konsep Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan alat ukur Psychological Well-Being yang diciptakan oleh Fadli (2012) yang disusun berdasarkan teori dari Ryff (1989). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan software IBM SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat peran dukungan sosial dan psychological well-being terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Airlangga. Namun, pada uji Parsial variabel dukungan sosial tidak memiliki peran signifikan terhadap academic burnout (P > 0,05) dan ditemukan bahwa variabel psychological well-being yang memiliki peran signifikan terhadap academic burnout (P < 0,05). Arah hubungan ini yaitu negatif, sehingga dapat dijelaskan bahwa semakin tinggi dukungan sosial dan psychological well-being yang dimiliki individu maka semakin rendah academic burnout dan juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: dukungan sosial, psychological well-being, academic burnout
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Aurelia Salsabilla Belvana Putri, -112011133164
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAchmad Chusairi, -0031017503
Depositing User: Aurelia Salsabilla Belvana Putri
Date Deposited: 11 Dec 2023 00:25
Last Modified: 11 Dec 2023 00:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/128841
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item