Pengamatan Pemberian Pakan terhadap Perubahan Warna Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Balai Induk Udang Galah (BIUG) Pandaan Kabupaten Pasuruan Propinsi Jawa Timur.

JANAN HABIBI, - (2007) Pengamatan Pemberian Pakan terhadap Perubahan Warna Ikan Koi (Cyprinus carpio) di Balai Induk Udang Galah (BIUG) Pandaan Kabupaten Pasuruan Propinsi Jawa Timur. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
JANAN HABIBI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koi merupakan salah satu jenis ikan hias yang saat ini banyak dikenal dikenal dikalangan masyarakat, khususnya pecinta ikan hias. Hal ini disebabkan koi memiliki wama yang indah dan eksotis serta bentuk dan gerakan menarik. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mengetahui manajemen pakan yang ditempkan oleh Balai induk Udang Galah (BIUG) Pandaan Kabupaten Pasuruan Propinsi Jawa Timur, serta untuk mengetahui hubungan pakan terhadap perubahan warna pada ikan Koi. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi alcti£ observasi, wawancara dan studi pustaka. Jenis pakan yang diberikan Koi ini berupa pelet. Pemberian pakan dilakukan tiap pagi dan sore dengan dosis 12,2 gram untuk minggu pertama, 15,0 gram untuk minggu ke dua, 17,0 gram untuk minggu ke tiga, serta 19,2 gram untuk minggu ke empat. Dosis pakan yang diberikan dihitung dari total boimassa dikalikan 2 %. Pakan diberikan dengan cara disebarkan merata di atas permukaan air. Pada akhir pengamatan terlihat beberapa ikan Koi memiliki warna lebih tajam terutama untuk warna merah pada ikan Koi jenis Tatho sanke, Kohaku, dan Tancho. Sedangkan untuk warna putih, seperti pada ikan Koi jenis Platinum ohgon, Kohaku , Tancho dan Tathho sanke, kurang menunjukkan perubahan warna yang berarti. Demikian juga untuk warna kuning serta hitam. Untuk wama hitam, hanya ikan Koi jenis Taisho sanke yang mampu berubah, sedang pada ikan Koi jenis Bekko tidak menunjukkan perubahan. Kualitas air yang terukur adatah oksigen terlarut 4 — 5 ppm. pH 6,8 — 8 dan suhu air 27 30°C. Jenis pakan yang diberikan Koi ini berupa pelet. Pemberian pakan dilakukan tiap hari pagi dan sore dengan dosis 1,075 gram. Pemeliharaan dilakukan dalam aquarium berukuran 50 X 110 em dan disekat dalam 4 ruang sama besar. Penggantian air sebanyak 50% dilakukan dua hari sekali untuk menjaga kualitas air. Nutrisi pakan yang kurang, bisa merusak dan menghambat pembentukan warna pada ikan Koi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
JANAN HABIBI, -060210048 P
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSRI SUBEKTI, -0017055202
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:34
Last Modified: 08 Jan 2024 06:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129035
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item