PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH PERTANIAN DAN HIJAUAN SEGAR TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI PERAH DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PEMBIBITAN TERNAK DAN HIJAUAN MAKANAN TERNAK MALANG

KUNTO ANGGORO SURYADILAGA, - (2012) PENGARUH PEMBERIAN LIMBAH PERTANIAN DAN HIJAUAN SEGAR TERHADAP PRODUKSI SUSU SAPI PERAH DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PEMBIBITAN TERNAK DAN HIJAUAN MAKANAN TERNAK MALANG. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
KUNTO ANGGORO SURYADILAGA.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam usaha sapi perah yang semakin meningkat jumlah populasinya, paan merupakan komponen yang sangat penting. Cukup tersediannya pakan sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas susu. Jumlah produksi susu tergantung dari pakan yang dapat dikonsumsi oleh temak: tersebut serta banyaknya zat - zat makanan yang dapat dicema dan dapat dimanfuatkan oleh temak: (Anonimus,1980). Pakan merupakan salah satu fuktor penting dalam usaha petemakan sapi perah, karena pemberian pakan yang kurang cukup kandimgan mitrisinya dapat berpengaruh terhadap reprodnksi maupnn produksi susu sapi perah. Kebntuhan protein sapi perah laktasi adalah antara 15-18% (Subiharta dkk. 2000). Sudono (1999), menyatakan bahwa kebutuhan protein pada sapi perah tidak lagi dinyatakan dalam protein yang dapat dicema tetapi cukup dinyatakan dalam protein kasar. karena protein erat sekali hubungannya dengan protein kasar bahan pakan tersebut. Pakan ruminansia yang utama adalah hijauan tanaman. Hijauan pakan ternak: tersebut berfungsi sebagai makanan kasar yang diperlukan untuk merangsang pergerakan rumen sebagai sumber tenaga dan sumber vitamin serta mineral.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
KUNTO ANGGORO SURYADILAGA, -060901015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorMIRNI LAMID, -0016016204
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:48
Last Modified: 08 Jan 2024 06:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129037
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item