TEKNOLOGI PEMBENIHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI BALAI BENIH IKAN DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN KEPANJEN KABUPATEN MALANG

SHANTI AMRITA BRAMORO, - (2005) TEKNOLOGI PEMBENIHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) DI BALAI BENIH IKAN DESA PANGGUNGREJO KECAMATAN KEPANJEN KABUPATEN MALANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
SHANTI AMRITA BRAMORO.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Koi merupakan salah satu jenis ikan ekonomis penting dan mempunyai prospek yang cerah sehingga banyak dipelihara oleh pembudidaya ikan. Koi merupakan ikan hias favorit yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Harganya cukup baik dan stabil, cepat besar dan responsif terhadap pemberian pakan serta penanganannya mudah sehingga benih mudah diperoleh dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang memadai. Praktek Kerja ini dilaksanakan pada tanggal 1 Pebruari sampai 1 Maret 2005 di Balai Benih Ikan Desa Panggungrejo Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur. Tujuan dari Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, aspek teknis budidaya serta hambatan atau permasalahan dalam teknik pembenihan Koi. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kegiatan yang dilakukan pada pembenihan Koi meliputi persiapan induk, pemijahan, penetasan telur, pendederan, pemberian pakan, pengelolaan kualitas air serta pemberantasan hama dan penyakit. Waktu yang dibutuhkan Koi untuk mencapai ukuran 3-5 cm adalah selama satu bulan. Sumber air berasal dari aliran sungai Molek yang terletak 0,5 km sebelah utara loIcasi BBI dengan menggunakan sistem irigasi. Kualitas air yang terukur adalah suhu air 27-32°C; pH 6-6,5 dan oksigen terlarut (DO) 3-5 mgilt. Dilakukan pengolahan tanah dasar dengan cara pengeringan selama 5-7 hari, pengapuran dengan kapur gamping (CaO) 200 gr/m2 serta pemupukan organik dan inorganik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
SHANTI AMRITA BRAMORO, -060310086 P
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSETIAWAN KOESDARTO, -0028095203
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 09 Jan 2024 05:20
Last Modified: 09 Jan 2024 05:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item