Praktek Kerja Lapang Deteksi Bakteri Vibrio pada Komoditas Perikanan di Balai Karantina Ikan Juanda Surabaya-Jawa Timur

Irwan Swi Susatyo, I (2006) Praktek Kerja Lapang Deteksi Bakteri Vibrio pada Komoditas Perikanan di Balai Karantina Ikan Juanda Surabaya-Jawa Timur. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text
Laporan PKL Irwan Dwi Susatyo.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id/

Abstract

Bakteri Vibrio merupakan salah satu baJ...ieri patogen yang menyerang ikan dan non ikan yang hidup di air laut. Salah satu persyaratan untuk komoditas perikanan baik untuk ekspor maupun impor adalah harus bebas dari parasit dan bakteri patogen, sehingga sebelumnya komoditas perikanan tersebut wajib dilakukan pendeteksian kehadiran parasit dan bakteri patogen. Praktek kerja lapang ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis bakteri dari genus Vibrio yang pemah ditemukan menginfeksi komoditas perikanan yang di ekspor maupun di impor melalui Bandara Juanda Surabaya. Pelaksanaan PKL dilakukan di Balai Karantina Ikan Juanda Surabaya pada tanggal 25 Juli sampai dengan 25 Agustus 2005. Materi yang digunakan dalam PKL ini adalah semua komoditas perikanan yang akan di ekspor maupun komoditas perikanan yang di impor melalui Bandara Juanda Surabaya. Pelaksanaan metode pengamatan berupa pengamatan berupa pemeriksaan pada semua komoditas perikanan yang terinfeksi bakteri Vibrio dan untuk kelengkapan data PKL didukung beberapa data milik Balai Karantina Ikan Juanda Surabaya Hasil deteksi bakteri Vibrio terhadap komoditas perikanan selama PKL di Balai Karantina Ikan Juanda Surabaya ditemukan empat jenis bakteri dari genus Vibrio, yaitu Vibrio damsel/a, Vibrio ordalii, Vibrio charcariae, dan Vibrio algynolyticus. Bakteri yang berhasil terdeteksi selama tanggal 25 Juli sampai dengan 25 Agustus 2005 termasuk golongan patogen non HPIK (Hama Penyakit Ikan Karantina).

Item Type: Other
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Irwan Swi Susatyo, INIM060210040 P
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDWahyu Tjahjaningsih, WUNSPECIFIED
Depositing User: indah rachma cahyani
Date Deposited: 14 Jan 2024 12:10
Last Modified: 14 Jan 2024 12:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129177
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item