Penata Laksanaan Kasus Timpani (Blot) Pada Kambing Peranakan Etawah (PE) di UPT BPT dan HMT Singosari – Malang

Pulung Rahaditho (2005) Penata Laksanaan Kasus Timpani (Blot) Pada Kambing Peranakan Etawah (PE) di UPT BPT dan HMT Singosari – Malang. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK 579 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kejadian timpani di wilayah UPT,HMT singosari Malang dipengaruhi oleh faktor pakan yaitu pola konsumsi dan pemberian bahan pakan yang salah pada hewan ternak. Hijauan yang diberikan merupakan hijauan yang terlalu muda, hijauan yang basah dan hijauan yang bergetah. Pemberian hijauan tersebut tanpa dilayukan terlebih dahulu. Faktor ternak juga berpengaruh yaitu hewan yang menderita anemia, kondisi tubuh sedang menurun. Gejala penyakit dapat diketahui yaitu hewan sulit bemafas , tampak gelisah, nafsu makan berkurang, pembesaran pada perut sebelah kiri atas. Pengobatan dapat diberikan secara tradisional dan medisional. Pada tahap pengobatan yang terakhir dilakukan trokarisasi. Dari uraian kesimpulan di atas maka dapat dikemukakan saran sebagai berikut: Perlunya pengetahuan dan pengenalan bahan pakan yang baik serta perlunya apa yang harus diberikan sebelum dimakan oleh hewan temak. Perlunya pengawetan hijauan pada saat makanan temak tersebut melimpah (pada musim hujan) sehingga ada persediaan pada musim kemarau. Perlu kontrol pada temak meskipun pada malam hari sehingga apabila hewannya sakit dapat segera diatasi hal tersebut untuk menghindari komplikasi penyakit dan saraf yang akut yaitu menghindari kasus kematian. Untuk kasus - kasus yang tidak respon terhadap obat dapat dilakukan trokarisasi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK 579 Rah p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Pulung Rahaditho060110553 K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorlwan Sahrial Hamid, M.Si.,DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:02
Last Modified: 15 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item