Penyakit Scabiosis pada Kambing di BPT dan HMT Singosari Malang

Rendra Pandu Wardhana (2005) Penyakit Scabiosis pada Kambing di BPT dan HMT Singosari Malang. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK 582 War p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan pengamatan dilapangan serta tinjauan pustaka yang ada, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : 1. Penyakit scabies sangat merugikan karena dapat menyebabkan penurunan berat badan yang mengakibatkan pertumbuhan terhambat, sehingga berpengaruh pada produktifitas kambing. 2. Pengobatan scabies dengan menggunakan ivomec yang disuntikkan secara sub cutan dan pengobatan tradisional dengan menggunakan oli bekas yang dicampur belerang. 3. Pencegahan penyakit scabies dengan penyucihamakan kandang dengan menggunakan desinfektan dan melakukan karantina pada hewan yang terserang penyakit scabies. Agar usaha petemakan dapat terjaga, baik petemak maupun temaknya, maka dapat disarankan : 1. Temak yang terinfeksi agar segera disendirikan dan dilakukan sanitasi kandang untuk memutus siklus hidup tungau. 2. Melakukan kontrol kesehatan terhadap kesehatan temak secara teratur minimal seminggu sekali agar penyakit dapat dicegah sejak dini . 3. Mengusahakan pengendalian atau pemberantasan scabies sejak dini dengan melakukan sanitasi kandang secara teratur. 4. Mempertahankan kondisi temak agar tetap sehat dan perlu diperhatikan lingkungan sekitar kandang agar tetap terjaga kebersihannya. 5. Agar dibangun kandang isolasi untuk kambing yang terkena penyakit agar perawatan lebih intensif dan tidak menulari kambing yang sehat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK 582 War p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF951-997.5 Diseases of special classes of animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Rendra Pandu Wardhana060110573-K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDidik Handijatno, Drh., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:42
Last Modified: 15 Jan 2024 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129240
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item