Manfaat Penggunaan Pakan Efisien dalam Upaya Menekan Biaya Pakan Pada Ayam Pedaging di PT. Sierad Produce Lamongan

Naser Efendi (2002) Manfaat Penggunaan Pakan Efisien dalam Upaya Menekan Biaya Pakan Pada Ayam Pedaging di PT. Sierad Produce Lamongan. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TA 407 Efe m.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari hasil kegiatan Praktek Kerja Lapangan di Lamongan farm PT. Sierad Produce, penulis dapat menarik suatu kesimpulan dari pembahasan diatas yaitu: 1. Efisiensi penggunaan pakan dapat dilakukan dengan cara pemberian pakan yang berbentuk butiran pecah (crumble) berkaitan dengan umur anak ayam pedaging (broiler) pada masa awal (starter) dan masa akhir (finisher). 2. Banyaknya pakan yang tersisa dan tercampur kotoran ayam yang tidak dibersihkan dapat menurunkan tingkat daya palatabilitas sehingga mengakibatkan pemborosan pakan . .3. Semakin rendahnya angka konversi pakan dibawah standar menunjukkan penekanan terhadap biaya pakan ayam pedaging (broiler). 4. Lebih tingginya kandungan nutrisi bahan pakan di PT. Sierad Produce menyebabkan semakin rendahnya konsumsi pakan, dimana hal tersebut tidak berpengaruh banyak terhadap pertambahan berat badan ayam pedaging (hroiler). Saran yang dapat kiranya penulis sampaikan adalah : 1. Pemberian pakan pada ayam pedaging (broiler) harus disesuaikan dengan kebutuhan ayam sehingga efisiensi pakan dapat tercapai secara optimal. 2. Perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pengelolaan peternakan ayam pedaging (broiler) untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman dalam usaha mencapai efisiensi serta efektifitas produksi. 3. Konsumsi pakan, pertambahan berat badan dan konversi pakan harus ada sebagai catatan (recording) ayam pedaging (broiler) setiap periode pemeliharaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK TA 407 Efe m
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF811-909 Veterinary medicine of special organs, regions, and systems
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Naser Efendi069910389-K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Sri Wahjuni M. S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:21
Last Modified: 16 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129302
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item