Perkembangan Implementasi Psikometri MBTI: A Literatur Review

Alyaa Saniyyah Imtiyaaz, - (2024) Perkembangan Implementasi Psikometri MBTI: A Literatur Review. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
Artikel Seminar_Alyaa Saniyyah Imtiyaaz_112011133130_Perkembanngan Implementasi Psikometri MBTI_ A Literatur Review.docx.pdf

Download (288kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Tipe kepribadian merupakan aspek dalam individu yang dapat diungkap dengan beberapa alat ukur salah satunya MBTI. MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator merupakan psikometri kepribadian yang menjelaskan kepribadian dengan empat preferensi dikotomis berdasarkan sikap, fungsi persepsi, fungsi penilaian, dan preferensi gaya hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan dinamika penerapan MBTI dan pengaruhnya dari tahun ke tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dengan 10 artikel jurnal yang terdiri dari 4 artikel jurnal nasional dan 6 artikel jurnal internasional. Data diperoleh menggunakan database artikel jurnal, yaitu Google Scholar, Scopus, dan Web of Science. Hasil penelitian menunjukkan MBTI memiliki keterkaitan dengan variabel lainnya yang diteliti dengan besar efek dari yang lemah hingga kuat. Beberapa menunjukkan hanya signifikan pada dikotomis MBTI tertentu.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: MBTI, kepribadian, psikometri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Alyaa Saniyyah Imtiyaaz, -112011133130
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Andriani, -0019117103
Depositing User: Alyaa Saniyyah Imtiyaaz
Date Deposited: 19 Jan 2024 03:58
Last Modified: 19 Jan 2024 03:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item