Kejadian Residu Antibiotika dalam Pemeriksaan Susu di KUD Sriwigati Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung

Ratna Martiningsih (2002) Kejadian Residu Antibiotika dalam Pemeriksaan Susu di KUD Sriwigati Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK TA 419 Mar k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

KESIMPULAN Berdasarkan pembahasan yang diuraikan, dapat disimpulkan bahwa : Pengobatan antibiotika pada ternak akan selalu menimbulkan residu antibiotika dalam susu. Kejadian reaksi alergi, gangguan mikrobiologi ( proses metabolisme tubuh ) dan kemungkinan keracunan adalah akibat mengkonsumsi susu yang mengandung antibiotika, tetapi di wilayah KUD SRIWIGATI belum terbukti karena peternak langsung menyetor susu ke KUD. Penerapan waktu henti obat yang tepat, menghindari terjadinya residu antibiotika dalam susu. SARAN Dari kesimpulan diatas, setelah melaksanakan Praktek Kerja Lapangan diwilayah KUD SRIWIGATI dapat disarankan : Pemakaian obat antibiotika dianjurkan sesnai dengan aturan yang tertera di dalam label atau leatlet. Peternak tidak boleh menyetor susu yang mengandung antibiotika di KUD ataupun dikonsumsi sendiri, hal ini dapat mencegah terjadinya reaksi antibiotika pada konsumen yang sensitif terhadap antibiotika. Memberikan penyuluhaan kepada peternak tentang waktu henti obat sesering mungkin dan diadakan pencatatan ( recording ) untuk ternak yang dalam proses pengobatan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK TA 419 Mar k
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Peternakan
Creators:
CreatorsNIM
Ratna Martiningsih069810305 – K
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoetji Prawesthrini,, SU., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:15
Last Modified: 17 Jan 2024 04:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129420
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item