Hubungan Peer Attachment Dengan Kecenderungan Melakukan Perilaku Cyberbullying

Aabidah Athalia Putri Ardianti, - (2024) Hubungan Peer Attachment Dengan Kecenderungan Melakukan Perilaku Cyberbullying. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
111911133047_Aabidah Athalia P.A_Jurnal.pdf

Download (687kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/

Abstract

Peer attachment merupakan ikatan kuat yang terjalin antara individu dengan teman sebayanya yang dapat memberikan rasa nyaman, aman, dan pola komunikasi yang baik. Cyberbullying didefinisikan sebagai segala bentuk perilaku yang terjadi di internet yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah kelompok dengan tujuan untuk melukai orang lain atau kelompok. Penelitian ini melibatkan 146 remaja berusia 15-21 tahun. Alat ukur yang di gunakan yaitu Inventory Parent and Peer Attachment (IPPA) dengan reliabilitas 0.810 dan Cyberbullying dengan reliabilitas 0.978. Berdasar uji korelasi, hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan negatif yang signifikan antara peer attachment dengan kecenderungan melakukan perilaku cyberbullying. Semakin tinggi peer attachment maka semakin rendah kecenderungan melakukan perilaku cyberbullying.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: Peer attachment, Cyberbullying, Remaja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF712-724.85 Developmental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Aabidah Athalia Putri Ardianti, -111911133047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Mastuti, -0027017405
Depositing User: Aabidah Athalia Putri Ardianti
Date Deposited: 25 Jan 2024 01:30
Last Modified: 25 Jan 2024 01:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129806
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item