Lama Hidup Spermatozoa Kambing Peranakan Ettawa pada Beberapa Kadar Glukosa dalam Pengencer Larutan Ringer - Kuning Telur yang disimpan pada Suhu 5c

Widya Wulandari (2004) Lama Hidup Spermatozoa Kambing Peranakan Ettawa pada Beberapa Kadar Glukosa dalam Pengencer Larutan Ringer - Kuning Telur yang disimpan pada Suhu 5c. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK SKH Wul l.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lama hidup spermatozoa kambing Peranakan Ettawa (PE) pada beberapa kadar glukosa dalam pengencer larutan Ringer-kuning telur yang disimpan pada suhu 5° C dan mengetahui penambahan kadar glukosa yang optimal dalam memperpanjang lama hidup spermatozoa kambing PE. Bahan penelitian berupa semen dari kambing PE jantan sehat berumur 1,5 sampai 2 tahun yang diambil dengan menggunakan vagina buatan. Semen yang telah diperiksa diencerkan dengan pengencer lamtan Ringer dan kuning telur dengan penambahan glukosa dengan kadar 0%, 1 %, 2%, dan 3%. Semen yang telah dicampur dengan pengencer disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 5° C. Semen yang telah diencerkan diperiksa 2 kali sehari yaitu pagi hari pada pukul 07.00 dan sore hari pada pukul 19.00. Pengamatan difokuskan untuk penentuan pengencer yang terbaik dalam mendukung penyimpanan semen. Sebagai indikator yaitu akan dihentikan pemeriksaannya setelah dijumpai semua sel spermatozoanya mati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semen yang diencerkan dengan pengencer larutan Ringer-kuning telur dengan kadar glukosa 2% mempunyai lama hidup yang lebih besar, yang berbeda nyata (p<0.05) dengan rata-rata 2,00 ± 0,47 hari, dibandingkan dengan semen yang diencerkan dengan kadar glukosa 0% (1,25 ± 0,23 hari), 1% (1,50 ± 0,33 hari), ataupun 3% (1,22 ± 0,22 hari). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penambahan glukosa sebesar 2% dalam pengencer larutan Ringer-kuning telur merupakan kadar glukosa yang optimal untuk memperpanjang lama hidup spermatozoa kambing PE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK SKH Wul l
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Widya WulandariUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:57
Last Modified: 24 Jan 2024 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item