Pengaruh Beberapa Macam Susu Sebagai Bahan Pengencer Terhadap Motilitas Dan Daya Hidup Spermatozoa Ikan Mas (Cyprinus Carpio, L.)

Beda Puspita Dewi, - (2006) Pengaruh Beberapa Macam Susu Sebagai Bahan Pengencer Terhadap Motilitas Dan Daya Hidup Spermatozoa Ikan Mas (Cyprinus Carpio, L.). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
BEDA PUSPITA DEWI.pdf

Download (24MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

kan mas (Cyprinus carpio, L.) merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang bernilai ekonomis tinggi, sehingga banyak dipelihara oleh pembudidaya ikan. Ketersediaan benih ikan merupakan salah satu ukuran keberhasilan budidaya ikan mas. Kematangan gonad yang tidak bersamaan menyebabkan kesulitan dalam pemijahan sehingga berpengaruh pada penyediaan benih ikan mas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi berbagai macam susu sebagai bahan pengencer terhadap motilitas dan daya hidup spermatozoa ikan mas. Hewan coba yang digunakan adalah ikan mas. Sperma diambil dengan cara melakukan stripping. Sperma diperiksa secara makroskopis dan mikrokopis, kemudian diencerkan dengan pengencer susu segar, susu skim dan susu full cream. Sperma yang telah diencerkan disimpan dalam tabung eppendorf pada suhu 5°C. Pengamatan motilitas dan presentase hidup spermatozoa dilakukan setiap 6 jam sekali sampai spermatozoa mati. Penelitian ini merupakan percobaan faktorial dengan 2 faktor yang disusun berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 ulangan. Faktor I adalah jenis bahan pengencer yang meliputi pengencer NaCl fisiologis (kontrol / P0), pengencer susu segar (P 1), pengencer susu bubuk full cream (P2) dan pengencer susu bubuk skim (P3). Faktor II adalah waktu pengamatan yang meliputi pengamatan 6 jam (T1), 12 jam (T2) sampai dengan pengamatan 42 jam (T7). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisa statistik sesuai dengan rancangan yang digunakan. Apabila dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa perlakuan menunjukkan pengaruh berbeda nyata atau berbeda sangat nyata, maka untuk membandingkan nilai dilakukan uji lanjutan yaitu uji Jarak Berganda Duncan (Duncan's Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara bahan pengencer susu yang berbeda dan waktu pengamatan terhadap motilitas spermatozoa ikan mas. Motilitas terbaik diperoleh sperma dengan bahan pengencer susu bubuk skim (P3) pada pengamatan 12 jam dan motilitas terendah terdapat pada sperma dengan bahan pengencer NaCl fisiologis (kontrol / P0) pada pengamatan 42 jam. Daya hidup spermatozoa tidak menunjukkan adanya interaksi antara bahan pengencer susu berbeda dan waktu pengamatan. Perlakuan dengan bahan pengencer susu bubuk skim (P3) pada pengamatan 6 jam memberikan daya hidup tertinggi sedangkan daya hidup terendah terdapat pada perlakuan bahan pengencer NaCl fisiologis (P0) pada pengamatan 42 jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Susu, Motilitas, Daya Hidup, Spermatozoa Ikan Mas, Cyprinus Carpio, L.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Beda Puspita Dewi, -NIM060110008 P
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAgustono, -NIDN195706301986011001
ContributorJola Rahmahani, -NIDN195807131986012001
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:21
Last Modified: 26 Jan 2024 03:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item