PERBEDAAN GENDER DALAM PENGGUNAAN STRATEGI COPING TERHADAP WORKPLACE SEXUAL HARASSMENT: TELAAH LITERATUR

Akilka, Gilda (2024) PERBEDAAN GENDER DALAM PENGGUNAAN STRATEGI COPING TERHADAP WORKPLACE SEXUAL HARASSMENT: TELAAH LITERATUR. Artikel Ilmiah thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Artikel Ilmiah)
fix- ARTIKEL LITVIEW_AKILKA GILDA.pdf

Download (747kB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pelecehan seksual dapat terjadi di mana saja, kapan saja, dan tidak terbatas pada gender tertentu. Salah satu tempat potensial terjadinya pelecehan seksual adalah di tempat kerja, yang dikenal dengan istilah Workplace Sexual Harassment (WSH). Pelecehan seksual yang terjadi di tempat kerja dapat sangat mengganggu pelaksanaan pekerjaan tersebut. Sehingga kemudian, individu yang menjadi korban perlu mengembangkan strategi coping untuk mengatasi trauma yang dialami. Penggunaan strategi coping pada korban WSH bisa berbeda antara laki-laki dan perempuan. Oleh karena itu, studi telaah literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan stategi coping antara laki-laki dan perempuan yang menjadi korban WSH. Pencarian literatur dilakukan pada database Google Scholar dengan kata kunci "workplace sexual harassment" AND "coping strategy" AND "gender" pada tanggal 29-31 Januari dan menghasilkan temuan sebanyak 262 artikel. Selanjutnya, dipilih enam artikel yang dipublikasikan dalam lima tahun terakhir dan dinilai relevan dengan tujuan penelitian, untuk kemudian ditelaah. Hasil telaah menunjukkan bahwa laki-laki dan perempuan yang menjadi korban WSH memiliki perbedaan dalam penggunaan strategi coping yang digunakan. Latar belakang budaya menjadi salah satu hal yang mempengaruhi bagaimana cara korban berpikir, bertindak, dan mengatasi pengalaman WSH.

Item Type: Thesis (Artikel Ilmiah)
Uncontrolled Keywords: gender, strategi coping, workplace sexual harassment
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ2035-2039 Life skills. Coping skills. Everyday living skills
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Akilka, Gilda111911133115
Depositing User: Akilka Gilda
Date Deposited: 02 Feb 2024 03:52
Last Modified: 02 Feb 2024 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129982
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item